Blunder Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, dari Ferdy Sambo hingga Kanjuruhan

Duka mendalam masih dirasakan sanak saudara dan pencinta sepak bola Indonesia atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan manusia tidak bersalah pada 1 Oktober 2022. 

 Suporter Persis Solo terlihat menangis ketika menyalakan lilin saat mengikuti aksi solidaritas di kompleks Plaza Manahan, Solo, Minggu (2/10/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Suporter Persis Solo terlihat menangis ketika menyalakan lilin saat mengikuti aksi solidaritas di kompleks Plaza Manahan, Solo, Minggu (2/10/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLODuka mendalam masih dirasakan sanak saudara dan pencinta sepak bola Indonesia atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan manusia tidak bersalah pada 1 Oktober 2022. Ada satu hal yang menjadi pertanyaan publik dan hingga kini belum mendapat jawaban yang memuaskan.

Pertanyaan yang dimaksud adalah soal aturan gas air mata yang masuk ke stadion. Mengapa polisi menggunakan gas air mata? dan siapa yang memerintahkan untuk menggunakan gas air mata tersebut? Padahal sejatinya, FIFA sendiri telah melarang penggunaan gas air mata untuk mengamankan massa sepak bola.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dari kasus ini, ada satu sosok yang mendapat sorotan dari netizen karena pernyataannya yang sedikit kontroversial. Dia adalah Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Nico Afinta.

Baca Juga Polri Dalami Protap Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan bersama wartawan, Nico Afinta mengatakan jika penggunaan gas air mata sudah sesuai prosedur yang berlaku. Tentu saja, kalimat tersebut berbeda dengan aturan yang sudah ditetapkan FIFA.

Imbas dari penggunaan gas air mata ini, apalagi yang dilempar ke tribun penonton, membuat penonton pertandingan berdesakkan kekurangan nafas dan akhirnya banyak yang meninggal dunia. “Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen,” kata Nico.

Ini bukan kali pertama Irjen Nico Afinta mendapat sorotan dari masyarakat. Ia juga pernah dikait-kaitkan dengan kasus pembunuhan Ferdy Sambo terhadap Brigadir J.

Baca Juga Dua Polisi Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan Malang

Nico diduga berbagi tugas dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Kapolda Sumatera Utara Irjen R.Z. Panca Putra Simanjuntak untuk menyebarkan informasi tembak-menembak dan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J.

“Nico dan Panca bertugas melobi para pejabat utama Polri, seperti Komisaris Jenderang Agung Budi Maryanto dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderas Agus Andianto,” tulis Majalah Tempo pada Sabtu (3/9/2022).

Ketiga petinggi tersebut akan diperiksa mengenai keterkaitannya dalam membantu Ferdy Sambo. “Menurut seorang perwira, mereka meminta para seniornya itu tak terlalu ‘kecang’ mengusut kematian Yosua,” lanjutnya.

Baca Juga Tragedi Ricuh Laga Arema FC vs Persebaya

Namun, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung pasang badan dengan meluruskan kabar miring soal jajarannya itu.  Ia menampik jika Nico Afinta terlibat kasus pembunuhan yang melibatkan Ferdy Sambo dan para ajudannya.

Menurut isu yang beredar, jabatan Irjen Nico Anfinta saat ini sedang diujung tanduk. Karena dua blunder yang dia lakukan, Kapolda Jawa Timur ini terancam kehilangan jabatannya dalam waktu dekat.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Blunder Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, dari Kongkalikong Kasus Ferdy Sambo hingga Tragedi Kanjuruhan

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Anggota Paspampres Mayor BF Jadi Tersangka dan Ditahan di Pomdam Jaya

      Anggota Paspampres Mayor BF sudah ditahan di Rutan Guntur, Jakarta.

      Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas Guguran

      Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas guguran pada Senin (5/12/2022).

      Perwira Paspampres Perkosa Kowad, Panglima TNI: Pecat

      Perwira Paspampres perkosa Kowad dilakukan saat keduanya sedang bertugas mengamankan KTT G20 di Bali

      Gempa M 6,7 Guncang Tonga, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

      Gempa yang terjadi di laut itu sempat membuat badan geologi AS mengeluarkan peringatan tsunami, meski kemudian dicabut setelah rilis gempa tersebut.

      Asap Rokok Bisa Bertahan 3 Jam di Ruangan, Berbahaya bagi Anak

      Saat lahir, bayi yang ibunya menghirup asap rokok mengalami kesulitan pertumbuhan.

      Pencuri Barang Pusaka Berumur Ratusan Tahun Diringkus

      Barang-barang pusaka berumur ratusan tahun itu bernilai tinggi di tangan kolektor.

      Erupsi Gunung Semeru bisa Sebabkan Tsunami adalah Hoaks!

      PVMBG menegaskan erupsi Semeru tidak bisa memicu tsunami sehingga kabar tersebut dipastikan hoaks alias informasi bohong.

      Andika Perkasa Setelah Pensiun dari Panglima TNI, Ini yang akan Dilakukan

      Andika Perkasa setelah pensiun mengaku akan tetap produktif, namun masih enggan membeberkan produktif seperti apa.

      Sebutan Tentara Wanita, Begini Penjelasannya

      Sebutan tentara wanita TNI disesuaikan dengan masing-masing matra, Kowad untuk TNI AD, Kowal untuk TNI AL, dan Wara untuk TNI AU.

      Kementerian PUPR Mulai Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur, Ini Teknologinya

      Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dengan struktur tahan gempa akan dibangun di sejumlah kawasan yang diperuntukkan korban gempa CIanjur.

      8 Daerah di Tanah Air Diguncang Gempa Minggu, 4 Desember 2022

      Sebanyak delapan daerah di Tanah Air diguncang gempa bumi pada Minggu (4/12/2022).

      BMKG Prakirakan Hujan Lebat di Sejumlah Daerah di Tanah Air

      Sejumlah daerah di Tanah Air akan turun hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Minggu (4/12/2022).

      Bupati Garut Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa dari Gempa Bumi M 6.4

      Bupati Garut sudah memastikan tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi di Garut pada Sabtu (3/12/2022).

      KPK: ACFFest 2022 Bisa Tumbuhkan Budaya Antikorupsi

      Pemberantasan korupsi tidak hanya soal penindakan, namun juga melalui pendidikan dan peran serta masyarakat, salah satunya melalui film.

      FKUB Usulkan Moderasi Beragama Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

      Konsepsi pendidikan moderasi beragama perlu diakomodasikan ke kurikulum pendidikan nasional itu menjadi salah satu isi rekomendasi dari Rakernas FKUB se-Indonesia.

      Bapeten: Pemerintah Targetkan PLTN Terealisasi pada 2039

      Pemerintah sudah menargetkan pada 2039 sudah ada realisasi PLTN sebagai upaya mendukung target karbon netral atau net zero emission dan ketahanan energi nasional.