BLT tak lagi pakai kartu

 Sejumlah truk pengangkut pasir terparkir di lokasi penambangan pasir Sungai Progo yang berhimpitan dengan lahan pertanian warga, Kamis (26/11). 

Praktek penambangan pasir di Sungai Progo kini mulai menggerus lahan warga. (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

SOLOPOS.COM - Sejumlah truk pengangkut pasir terparkir di lokasi penambangan pasir Sungai Progo yang berhimpitan dengan lahan pertanian warga, Kamis (26/11). Praktek penambangan pasir di Sungai Progo kini mulai menggerus lahan warga. (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Solo (Espos)–Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) tahap III untuk bulan Januari dan Februari 2009 di wilayah Solo direncanakan mulai 15 April mendatang. Namun, berbeda dengan tahap sebelumnya, penyaluran BLT kali ini tidak lagi menggunakan kartu.

Tak hanya itu, penyaluran BLT tersebut juga tidak dilakukan di kantor-kantor kelurahan yang ditunjuk, melainkan di Kantor Pos Besar Solo dan sejumlah kantor pos pembantu. Saat ini, Kantor Pos Besar Solo tengah melakukan survei kantor pos pembantu mana saja yang akan dipakai untuk menyalurkan BLT tersebut.

PromosiJejak Pabrik Serat Nanas Pemasok Eropa di Mojogedang Karanganyar

Ditemui wartawan seusai rapat koordinasi dengan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Solo, Saleh, dan sejumlah stakeholder terkait di Ruang Rapat Sekda Kompleks Balaikota Solo, Selasa (31/3), Kepala Kantor Pos Besar Solo, Ari Parnoto mengungkapkan, rentang waktu penyaluran BLT kali ini lebih lama dibandingkan penyaluran BLT sebelumnya, yaitu mulai tanggal 15 hingga akhir April 2009.

Karena itulah, penyalurannya dilakukan di kantor pos-kantor pos dan supaya tidak terjadi penumpukan massa akan dilakukan penjadwalan untuk masing-masing wilayah.

Lebih lanjut, Ari menambahkan, penyaluran BLT kali ini tidak memakai kartu seperti sebelumnya. Melainkan menggunakan struk atau tanda terima BLT sebelumnya. “Di struk itu ada identitas RTS (rumah tangga sasaran-red). Itulah yang jadi bukti. Kalau struk itu sudah hilang, bisa menggunakan fotokopi KTP (kartu tanda penduduk-red). Kalau KTP tidak ada juga, maka yang harus menggunakan surat keterangan dari Ketua RT setempat,” papar Ari.

Ari mengungkapkan, jumlah penerima BLT tahap III tahun 2009 ini mencapai 26.122 RTS. Data itu merupakan hasil verifikasi terhadap penerima BLT tahun 2005 sebanyak 26.483 RTS dikurangi jumlah BLT yang tidak diambil pada penyaluran BLT tahun 2008 sebanyak 361 RTS.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Solo, Saleh mengatakan, sesuai dengan instruksi dari pusat, posisi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dalam penyaluran BLT hanya berwenang memberikan dukungan dan pengawasan. “Harapannya, ya, penyaluran BLT kali ini bisa berlangsung lancar dan lebih baik lagi,” kata Saleh.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Perolehan Medali SEA Games 2021, Target Indonesia Masih dalam Jangkauan

Vietnam hampir pasti tak bisa terkejar lagi di posisi pertama daftar perolehan medali SEA Game 2021.

Disdik Dan DKK Solo Bertemu Bahas Antisipasi Hepatitis Akut, Hasilnya?

Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Solo mengadakan pertemuan untuk membahas upaya dan langkah antisipasi penularan hepatitis akut di sekolah-sekolah.

Mau ke Surabaya Fisik Pemain Malah Ngedrop, Persis Solo Bergerak Cepat

Pelatih Jacksen Tiago menyatakan Persis Solo pasti tidak akan dalam kondisi siap 100 persen menghadapi laga uji coba di Surabaya.

Gagal Raih Medali Nomor Lari, Lalu Muhammad Zohri Sebut Belum Rezeki

Dalam perjalanan menuju SEA Games Vietnam, Zohri sempat mengalami cedera hamstring saat turun dalam Kejuaraan Dunia Atletik Indoor di Stark Arena, Belgrade, Serbia, pada 18-20 Maret.

Tiga Kota Ini Besok Cuacanya Panas, Mana Saja?

Banda Aceh, Surabaya dan Jakarta Pusat memiliki suhu maksimal 34 derajat Celcius.

Awalnya Flu & Kejang, Puluhan Sapi di Magetan Terkonfirmasi Positif PMK

Puluhan ekor sapi di Kabupaten Magetan terkonfirmasi positif PMK dengan gejala awal flu dan kejang-kejang.

Begini Cara Mengatasi Kecanduan Menonton Video Bokep

Begini cara mengatasi kecanduan menonton video bokep.

Timnas Futsal Indonesia Cetak Sejarah di Arena SEA Games

Indonesia sudah menuntaskan empat jadwal pertandingan mereka, sedangkan tuan rumah Vietnam dan Thailand akan bertemu di rangkaian laga hari terakhir pada Jumat (20/5/2022).

Rayakan HUT Ke-65, Ini Bukti Astra Dukung Pendidikan Berkualitas

Selama 65 tahun berkarya, Astra telah membina lebih dari 21.000 sekolah, di antaranya merupakan 3.320 SMK, penyerahan 276.000 paket beasiswa.

Kreatif! Kakek-Kakek di Madiun Ini Ubah Limbah Kayu Jadi Miniatur Truk

Seorang kakek-kakek di Kabupaten Madiun ini mengubah limbah kayu menjadi kerajinan truk yang bernilai ekonomi.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.

Jefri Nichol Minta Maaf Unggah Foto Ciuman dengan Cowok, Kenapa?

Kabar artis kali ini datang dari Jefri Nichol yang minta maaf setelah unggah foto dirinya ciuman dengan cowok.

Andri Ibo Pilih Gabung Persis Solo karena Faktor yang Satu Ini

Andri Ibo kenal Persis Solo untuk kali pertama dari Juan Marcelo Cirelli.

Terbentur Aturan Usia, 27 Lansia Asal Sleman Batal Berangkat Haji

Sebanyak 27 calon haji asal Kabupaten Sleman tidak bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini karena terkendala aturan batas umur dari pemerintah Arab Saudi.

Pemkab Wonogiri Siapkan Bangsal Isolasi Hepatitis Akut

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah mengantisipasi munculnya penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.