Tutup Iklan
BLT DD Disetop, Bupati Wonogiri Dorong Pemdes Fokus Pemberdayaan Masyarakat
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, WONOGIRI -- Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mendorong pemerintah desa atau pemdes untuk fokus terhadap pemberdayaan masyarakat.

Imbauan tersebut diserukan menyusul program penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Wonogiri diputuskan untuk tidak diperpanjang.

Ia mengatakan, dana desa yang saat ini masih ada dapat digunakan atau direalisasikan untuk kegiatan padat karya, pencegahan stunting, dan segala kegiatan yang bersifat memberdayakan masyarakat.

Ngambek Tak Dibelikan Kue Ultah, Bocah Tanon Sragen Nekat Gowes Sampai Ngawi

Di dalam Paraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), disebutkan dana desa dapat digunakan untuk penyaluran BLT DD dan pemberdayaan masyarakat. Peraturan itulah yang dijadikan dasar Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengambil kebijakan baru.

Menyongsong new normal, menurut dia, stabilitas perekonomian harus segera ditumbuhkan. Tetapi dalam mengambil kebijakan tetap didasarkan pada regulasi yang ada.

"Dengan adanya dorongan pemberdayaan masyarakat, diharapkan kesehatan stabil, perekonomian menggeliat," kata dia kepada Solopos.com di area Sekretariat Daerah Wonogiri, Rabu (8/7/2020).

Bernilai Puluhan Juta Rupiah, 47 Knalpot Brong Motor Milik Warga Solo Segera Dimusnahkan Polisi

Pemkab, lanjut dia, akan memanfaatkan sisa Anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT) yang digunakan penanganan Covid-19 untuk pemulihan ekonomi dan recovery.

Diberitakan sebelumnya, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD di seluruh desa di Wonogiri tidak diperpanjang. Keputusan untuk tidak memperpanjang penyaluran BLT DD dilakukan dalam forum pertemuan kepala desa dan Bupati di Aula Khayangan Sekeretariat Daerah Wonogiri, Rabu.

Kebijakan Pemerintah

Joko Sutopo mengatakan, dalam menjalankan kebijakan, pemerintah tidak hanya fokus pada satu bidang tertentu. Selain fokus dalam kesehatan, pemerintah juga harus bergerak untuk menjaga stabilitas pangan agar terpenuhi.

Polisi Temukan Tongkat Silat Di Tempat Latihan Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo Yang Meninggal

Jika stabilitas pangan bagus, maka kesehatan warga akan terpenuhi. Sehingga keamanan dan ketertiban bisa terjaga.

"Kalau hanya fokus ke kesehatan saja maka aspek lainnya tidak terpenuhi. Maka untuk tiga bulan setelah BLT DD tersalurkan, Pemdes di Wonogiri diharapakan juga bergerak di bidang pemulihan ekonomi warga," kata Jekek.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho