SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang Rupiah di Bank, Jakarta, 21 April 2016. (Reuters/Darren Whiteside)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemkab Karanganyar memprediksi Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa tahap dua akan dicairkan pertengahan Juni.

Hajatan Pernikahan dengan 100 Tamu Digelar di Wonorejo Karanganyar Tanpa Izin, Kok Bisa?

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Karanganyar, Sri Suprapti, menyampaikan seluruh desa atau 162 di Kabupaten Karanganyar sudah menyerahkan berkas persyaratan pengajuan pencairan Dana Desa tahap dua bulan kedua.

Ekspedisi Mudik 2024

Termasuk di dalamnya adalah BLT Dana Desa tahap dua. Seharusnya BLT dana desa di Karanganyar cair pada bulan Mei tetapi baru dapat dicairkan pada bulan Juni.

"Ini 162 desa sudah selesai [menyerahkan berkas]. Besok [Selasa] proses ajuan persetujuan BKD [Badan Keuangan Daerah] lalu diajukan ke KPPN [Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara]. Diproses satu pekan. Itu kalau Selasa bisa kirim, berarti sekitar tanggal 17 Juni atau 18 Juni sudah turun SP2D [surat perintah pencairan dana]. Lalu cair," jelas Suprapti saat dihubungi Solopos.com, Senin (8/6/2020).

Batal Masuk Sekolah, Siswa Karanganyar Belajar di Rumah Sampai 11 Juli 2020

Total Dana Desa yang dicairkan pada tahap dua bulan kedua ini Rp24.921.068.400 atau 15% dari total 40% pada tahap dua. Dari nominal itu Rp8.394.600.000 untuk BLT Dana Desa. Data yang dihimpun Solopos.com, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) 13.991. Jumlah itu sama dengan KPM BLT Dana Desa tahap satu di Karanganyar.

"Sisa dana itu silakan digunakan untuk program yang telah disusun masing-masing desa. Proses masih sama yang kemarin. Dari desa pindah buku rekening kas desa ke virtual account untuk penyaluran BLT Dana Desa nontunai. Dicairkan di Bank Jateng untuk di 15 kecamatan dan satu kecamatan di BKK Tasikmadu di Kecamatan Jenawi. Proses sama," tutur dia.

Besok Terakhir Pengajuan Berkas Pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kabupaten Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya