Blora Undang Investor Bangun Pabrik Pakan Ternak

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JAKARTA — Pemerintah Kabupaten Blora mengundang investor untuk membangun pabrik pakan di daerah setempat karena lahan jagung di bagian wilayah Jawa Tengah tersebut terbilang luas, karena mencapai 26.000 ha.

Bupati Blora Joko Nugroho mengatakan Februari dan Maret merupakan puncak panen raya jagung di Kabupaten Blora. Laporan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora menyebutkan luas lahan yang memanen jagung pada Januari-Maret mencapai 26.977 ha.

Luas lahan jagung tersebut, menurutnya terbagi menjadi 21.051 ha lahan persawahan ditambah 5.926 ha lahan Perhutani. Adapun produksi jagung diperkirakan mencapai 157.000 ton. “Saya berharap harga jagung di tingkat petani saat ini untuk pipil basah dengan Kadar Air (KA) 33% dapat mencapai Rp2.800/kg sehingga petani masih untung,” katanya Selasa malam dalam siaran resmi (19/2).

Oleh sebab itu, dia berharap ada investor masuk untuk pembangunan pabrik pakan ternak. Dengan begitu jagung petani dapat dipastikan terserap secara langsung. “Saya berharap para perusahaan pabrik pakan ada yang tertarik untuk mendirikan pabrik pakan di sini, sehingga lebih mendekatkan antara produsen jagung dengan pabrik pakan yang dapat langsung menyerap jagung petani, sehingga lebih efisien,” katanya.

Dia mengatakan, pada 2018 luas panen jagung di Kabupaten Blora, Jawa Tengah bahkan mencapai 70.319 ha yang tersebar di 16 kecamatan, dengan rata-rata produktivitas 5,8 ton/ha.

Sementara itu, Kementerian Pertanian dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN) bekerjasama dalam pengadaan 2 unit Mobile Corn Dryer (MCD) di Blora  untuk meningkatkan kualitas jagung hasil panen petani. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mengatakan permasalahan adalah kualitas pascapanen tidak sesuai dengan kebutuhan industri pakan. Alhasil, penempatan MCD akam diutamakan pada sentra produksi jagung yang relatif jauh dari pabrik pakan.

“Solusi ini diharapkan dapat memecahkan persoalan kadar air sehingga pertumbuhan jamur aflatoksin dapat dikendalikan, untuk memunculkan harapan bagi petani jagung,” katanya dalam keterangan resmi Selasa malam (19/2).

Ketut berharap MCD yang merupakan hasil karya anak bangsa ini dapat menjadi sebuah solusi dalam mengatasi masalah pasca panen jagung. Pasalnya selama ini masalah yang selalu di hadapi oleh petani saat panen raya adalah menjual hasil produksinya bernilai minimum karena kualitas dibawah kebutuhan pabrik.

Sementara itu, Eka Budiman, selaku perwakilan CPIN di Jawa Tengah, mengatakan perseroan telah menyediakan dua MCD untuk membantu petani mengeringkan jagung. Menurutnya, dengan menggunakan MCD dapat meningkatkan waktu simpan setelah dikeringkan, melancarkan tata niaga, mendapatkan kualitas lebih baik, dan pada akhirnya petani dapat menikmati harga yang lebih baik dari jagung berkadar air lebih rendah.

“Jika ada petani yang kesulitan menjual hasil panennya, dapat langsung menghubungi kami, kami akan bantu menyerapnya. Kami akan bantu menjembatani,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Berburu Bocoran Avanza-Xenia Terbaru

Berburu bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru yang terpantau dari pendaftaran kode mobil baru.

Alex dan Azis, Dua Batu Sandungan Partai Golkar Menuju 2024

Alex Noordin dan Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi yang berbeda.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.

Presiden Tanam Mangrove dan Lepas Tukik di Cilacap

Lepasliar 1.500 tukik penyu lekang dan tukik penyu hijau

Dispar Solo Fasilitasi Pengajuan QR Code PeduliLindungi, Pelaku Usaha Buruan Daftar!

Dinas Pariwisata Kota Solo memfasilitasi pelaku usaha dan kantor instansi untuk pengajuan kode batang atau QR Code PeduliLindungi.

Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Tersangka mengaku kepada korban sebagai anggota Polri berpangkat AKP dan menjabat sebagai Kasatreskrim Polres Madiun Kota.

Hampir Sebulan Banjir Rendam Jalan Trans Kalimantan, Kendaraan Antre Melintas

Banjir merendam jalan nasional sepanjang 2,5 kilometer sejak Senin (30/8/2021)

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.