Blora akan Dikenalkan Sebagai Kota Barongan, Apa Itu?

Bupati Blora Arif Rohman menyatakan Blora akan memperkenalkan kesenian barongan sebagai daya tarik wisawatan untuk berkunjung ke Blora.

 Bupati Blora, Arief Rohman (kedua dari kiri) berfoto bersama Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo (kedua dari kanan); Direktur Konten dan Bisnis SMG, Suwarmin (kanan) dan Pemimpin Redaksi SMG, Rini Yustiningsih (kiri), di Griya Solopos, Kamis (11/8/2022).  (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Bupati Blora, Arief Rohman (kedua dari kiri) berfoto bersama Presiden Direktur Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo (kedua dari kanan); Direktur Konten dan Bisnis SMG, Suwarmin (kanan) dan Pemimpin Redaksi SMG, Rini Yustiningsih (kiri), di Griya Solopos, Kamis (11/8/2022). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO— Kabupaten Blora akan menjadi Kota Barongan. Barongan telah menjadi ikon kebudayaan di Blora dan diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan atau masyarakat luas.

Bupati Blora, Arief Rohman, mengatakan Blora memiliki berbagai potensi, termasuk di bidang kesenian dan pariwisata. Salah satu kesenian yang dikenal adalah barongan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kesenian yang paling istimewa adalah barongan, untuk itu kami akan branding [Blora] Kota Barongan. Kalau di Ponorogo ada reog, kami [Blora] ada barongan,” kata dia saat berkunjung di Griya Solopos, Kamis (11/8/2022).

Dia berharap barongan menjadi ikon Blora dan bisa menarik perhatian masyarakat luas hingga di luar Blora.

Dengan begitu kemungkinan Blora akan dikunjungi banyak orang akan bertambah.

Menurut dia, sebuah kabupaten atau wilayah akan banyak dikunjungi orang, ketika di wilayah tersebut memiliki kegiatan atau event-event yang menarik. Festival barongan, tentunya akan menjadi salah satu daya tarik, selain kegiatan-kegiatan lain yang bisa digelar, seperti event olahraga atau event budaya lainnya.

Di dalam buku Sesarengan Mbangun Blora yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, dijelasakan barongan Blora merupakan kesenian khas Jawa Tengah.

Namun, dari beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah, kesenian barongan di Kabupaten Blora secara kuantitas lebih banyak. Seni barong merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora, terutama masyarakat pedesaan.

Dalam seni barong tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat Blora, seperti sifat spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kasar, keras, kompak dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

Bentuk barong dalam kesenian barongan dibuat menyerupai singo barong atau singa besar yang digambarkan sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas. Sementara tokoh singo barong dalam cerita barongan disebut juga Gembong Amijoyo yang berarti harimau besar yang berkuasa.

Kesenian barong berbentuk tarian kelompok yang mencirikan keperkasaan gerak seekor singa raksasa.

Cerita dalam kesenian barongan disebut bersumber dari Hikayat Panji yaitu suatu cerita yang diawali dari iring-iringan prajurit berkuda mengawal Raden Panji Asmarabangun/Pujonggo Anom dan Singo Barong.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sepanjang 2022, 26 Juta Wisatawan Domestik Berlibur ke Jateng

      Kunjungan wisatawan domestik ke Jawa Tengah atau Jateng diklaim telah melampaui target yang telah dicanangkan pada tahun 2022 ini.

      Rumah BUMN Rembang, Sukses Bikin UMKM Kokoh dan Kian Berkembang

      Profil Rumah BUMN Rembang yang sukses membuat UMKM di Kabupaten Rembang jadi kokoh dan kian berkembang.

      Berani, Bocah 13 Tahun di Grobogan Gagalkan Aksi Jambret

      Seorang bocah berusia 13 tahun di Kabupaten Grobogan dengan berani menggagalkan aksi perampasan atau penjambretan HP miliknya.

      Operasi Zebra Candi Mulai Senin, Ini Lokasi Kamera ETLE di Salatiga

      Satlantas Polres Salatiga akan menambah pemasangan kamera ETLE di sejumlah lokasi saat pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 mulai Senin (3/10/2022).

      Siang Ini, 1000 Model Ramaikan Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang

      1.000 model yang terdiri dari pejabat tingkat daerah hingga nasional akan tampil berbusana batik dalam acara Batik Spectra Nusantara di Kota Lama Semarang.

      Cabuli Anak di Bawah Umur, Pemuda di Jepara Juga Sebar Video Mesum

      Seorang pemuda di Jepara melakukan perbuatan bejat dengan mencabuli anak di bawah umur dan menyebarkan video mesum ke medsos.

      131 Desa Wisata di Jateng Peroleh Bantuan Rp18,5 Miliar, Ini Perinciannya

      Sebanyak 131 desa wisata di Jateng pada tahun 2022 ini mendapat bantuan keuangan yang totalnya mencapai Rp18,5 miliar.

      Wingko Semarang Jadi Andalan Kota Semarang Atasi Demam Berdarah

      Pemkot Semarang menerapkan strategi pengembangbiakan nyamuk Wolbachia untuk menekan kasus demam berdarah melalui program Wingko Semarang.

      Brutal, Pemandu Karaoke Sunan Kuning Semarang Dikeroyok Rekan Seprofesi

      Aksi pengeroyokan dilakukan tiga pemandu karaoke atau PK Sunan Kuning Semarang terhadap satu rekan seprofesinya.

      Ternyata, Warga Argomulyo Salatiga Kesulitan Air Bersih Sejak Agustus

      Sejumlah warga di Kelurahan Randuacir, Kota Salatiga, mengeluhkan sulitnya mendapatkan kebutuhan air bersih sejak Agustus 2022 atau saat musim kemarau.

      Beli Jenglot Pakai Uang Palsu di Banjarnegara, Kakek asal Purworejo Ditangkap

      Seorang kakek asal Purworejo berniat membeli jimat berbentuk jenglot di Banjarnegara dengan menggunakan uang palsu.

      Gubernur Ganjar Terbitkan SE, Kepala Daerah di Jateng Harus Gunakan Aspal Buton

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menerbitkan SE yang meminta kepada kepala daerah di seluruh Jateng untuk menggunakan aspal Buton.

      Inspiratif, Pemuda Tuntang Semarang Bawa Kerajinan Eceng Gondok ke Pasar Eropa

      Kisah inspiratif datang dari pemuda asal Tuntang, Kabupaten Semarang, yang menyulap eceng gondok Rawa Pening menjadi kerajinan bernilai tinggi dan diminati pasar Eropa.

      Srintil Sang Primadona, Mahal dan Satu-Satunya di Dunia

      Srintil adalah nama tembakau khas dan satu-satunya di dunia yang berasal dari Temanggung yang harga per kilogramnya hampir setara dengan emas 24 karat.

      Sosok Moetiah Korban G30S/PKI Kebal Ditembak di Kuburan Massal Plumbon Semarang

      Cerita korban G30S/PKI, Moetiah, yang kebal saat ditembak dan dimasukkan hidup-hidup ke dalam kuburan massal di Plumbon, Semarang, Jawa Tengah.