BLK Boyolali Buka 6 Program Pelatihan Kerja Gratis, Buruan Daftar Lur

Walaupun lokasi pelatihan berada di BLK Boyolali, namun peserta yang ingin mendaftar diperbolehkan dari luar Boyolali.

 Para peserta mengikuti pelatihan kerja di BLK Boyolali. (Istimewa/BLK Boyolali)

SOLOPOS.COM - Para peserta mengikuti pelatihan kerja di BLK Boyolali. (Istimewa/BLK Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Balai Latihan Kerja (BLK) Boyolali mengagendakan empat kali pelatihan kerja gratis di tahun 2022 ini. Pendaftaran peserta pelatihan kerja triwulan pertama dibuka sejak Senin (24/1/2022) dan akan berakhir pada Selasa (8/2/2022).

Pada pelatihan kerja di triwulan pertama ini, BLK Boyolali menggelar enam program pelatihan gratis. Hal tersebut disampaikan Kepala BLK Boyolali, Suwadi,  saat ditemui Solopos.com di ruangannya pada Senin (24/1/2022).

PromosiDijual Rp1,5 Miliar/Kg, Gaharu Sudah Jadi Upeti Sejak Era Sriwijaya

“Ada enam program pelatihan tapi akan ada tujuh kelas karena program pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa ada dua, kemudian ada pembuatan roti dan kue, pengoperasian mesin bubut, pengelola administrasi perkantoran, teknisi audio dan video, serta service sepeda motor injeksi,” ungkap Suwadi.

Baca juga: Begini Cara Difabel Boyolali Agar Berdaya Sembari Lakukan Terapi

Lebih lanjut Suwadi mengatakan masing-masing kelas akan mendapat kuota 16 orang. Untuk waktu pelatihan, Suwadi menginformasikan bahwa tiap kelas memiliki lama pelatihan masing-masing.

“Waktu pelatihan mulai Februari hingga April. Untuk lama kelas pembuatan roti dan kue waktunya 20 hari, kemudian masing-masing 35 hari untuk pengoperasian mesin bubut, pengelola administrasi perkantoran, menjahit pakaian wanita dewasa, serta teknisi audio dan video. Sedangkan yang terlama ada servis sepeda motor injeksi,” terang Suwadi.

Peserta Boleh dari Luar Boyolali

Suwadi kemudian mengatakan walaupun lokasi pelatihan berada di Boyolali, namun peserta yang ingin mendaftar diperbolehkan dari luar Boyolali. Ia bahkan menceritakan pernah ada orang dari Jakarta mendaftar pelatihan di BLK Boyolali.

“Kadang di daerah lain gitu tidak ada jenis pelatihan yang diinginkan, akhirnya ada perempuan dari Jakarta belajar membuat kue dan roti di sini, dan laki-laki belajar las. Akhirnya mereka kos di Boyolali,” terang Suwadi.

Baca juga: Wanita Boyolali Disebut Bukan Korban Pemerkosaan, Pengacara Tak Terima

Untuk mendaftar program pelatihan kerja di BLK Boyolali, Suwadi menjelaskan beberapa persyaratan wajib disiapkan oleh calon pendaftar.

“Syaratnya tentu WNI dengan usia minimal 17 tahun dengan nanti dibuktikan dengan bawa fotokopi KTP dua lembar, kemudian tidak ada batasan pendidikan, mau lulusan SD juga boleh asal nanti disertakan ijazah atau surat keterangan lulus sebanyak dua lembar. Terus bawa pas foto ukuran 3 x 4 dengan background merah sebanyak empat lembar. Fotokopi kartu vaksin juga sebanyak dua lembar. Terus tidak sedang bekerja atau menempuh pendidikan,” ungkap Suwadi.

Selain itu, Suwadi menambahkan syarat lainnya yaitu peserta harus sehat jasmani dan rohani, sanggup mengikuti pelatihan sampai selesai serta memiliki akun Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker).

“Pendaftaran bisa online melalui Sisnaker yaitu mengaktifkan akun sendiri. Bisa ke sini juga kalau ada kendala. Kalau mau daftar offline bisa ke sini langsung. Setelah proses pendaftaran nanti ada tes tertulis dan wawancara bagi calon peserta pelatihan,” kata Suwadi.

Baca juga: Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Asale Sumur Songo Cepogo Boyolali

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).