BKSDA Belum Temukan Macan di Desa Salam Karanganyar

Pemasangan kamera trap yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah di Dukuh Semenjing, Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, belum berhasil menangkap gambar macan maupun hewan liar lainnya.

BKSDA Belum Temukan Macan di Desa Salam Karanganyar

SOLOPOS.COM - Seorang warga Desa Salam menunjukan jalan menuju Bukit Semenjing Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar (12/4/2019)./Wahyu Prakoso

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemasangan kamera trap yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah di Dukuh Semenjing, Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, belum berhasil menangkap gambar macan maupun hewan liar lainnya.

Kamera itu dipasang hingga situasi masyarakat setempat merasa tenang. Kepala BKSDA Jawa Tengah, Suharman, ketika dihubungi Koran Solo, Jumat (12/4/2019), mengatakan pemasangan kamera ada di tiga lokasi. Enam unit kamera dipasang di dekat sumber air dan jejak hewan. Dia menjelaskan, kamera dipasang hingga masyarakat sekitar merasa tenang.

“Sejak memasang kamera trap, kami belum menemukan gambar hewan yang terekam kamera. Kamera akan kami tarik ketika masyarakat menganggap enggak ada hewan liar lagi,” katanya kepada Koran Solo.

Dia mengatakan, belum dapat menyimpulkan mengenai jejak kaki hewan yang ditemukan warga. Tanpa bukti visual, akan sulit mengidentifikasi hewan yang meninggalkan jejak kaki tersebut. Dia menjelaskan, selama ini belum ada data sejarah penemuan harimau di Desa Salam.

“Kami belum yakin apakah itu jejak anjing liar, anjing peliharaan, atau harimau. Pernah ada kejadian peninggalan jejak kaki hewan di Kecamatan Bumiayu, Brebes. Warga sempat heboh. Ketika ditelusuri ternyata anjing hutan yang memakan ayam,” katanya kepada Koran Solo.

Salah satu warga, Sarwanto, menjelaskan, warga tidak boleh mendekat ke lokasi penemuan jejak hewan karena ada pemasangan kamera trap. Dia mengatakan, terdapat satu keluarga yang tinggal di Bukit Semenjing tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.