BKPM Pastikan Tesla Bangun Pabrik di Indonesia, Pusat Risetnya di India
Mobil Tesla. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA -- Perusahaan pengembang mobil listrik Tesla kabarnya berniat mendirikan pabrik di Indonesia. Kabar ini membuat Pemerintah negara bagian Maharashtra di India bergerak cepat melakukan pembicaraan dengan Tesla untuk berinvestasi di sana.

Tesla akan Punya Pabrik di Jateng, Harga Mobil Listrik bakal Murah?

Namun, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan Tesla yang berniat mendirikan pabrik sudah berjalan di Indonesia. "Saat ini sudah berjalan," ujar Anggota Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Saat ini, Tesla sedang dalam tahap awal negosiasi dengan departemen industri pemerintah negara bagian Kartanaka untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan di Bengaluru.

Tesla Dikabarkan Bangun Pabrik di Batang, Ganjar Baru Tahu dari Media

Sedangkan, pemerintah Indonesia tengah dalam diskusi awal dengan produsen kendaraan listrik Tesla Inc. Mereka membicarakan potensi investasi penambangan nikel.

Indonesia sejak beberapa tahun terakhir ingin mengembangkan rantai pasokan penuh nikel untuk rumah. Terutama untuk mengekstraksi bahan kimia baterai, membuat baterai, dan pada akhirnya membuat kendaraan listrik.

Produsen Mobil Listrik Bakal Bangun Pabrik di Jateng, Indonesia Jadi Produsen Baterai Lithium Terbesar di Dunia?

Indonesia sendiri telah menghentikan ekspor biji nikel yang belum diolah untuk mendukung investasi di industri dalam negeri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom