SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang melepasliarkan 38.900 benih lobster di perairan Karimunjawa. Pelepasliaran lobster berhasil menyelamatkan sumber daya ikan senilai Rp5,8 miliar.

Pelepasliaran benih lobster tersebut berlokasi di Pulau Cemara Besar Karimunjawa. Pasalnya, pulau tersebut masih asri, dengan perairan yang jernih, pasir putih dan juga merupakan daerah zona terumbu karang tempat habitat benih lobster tinggal dan berkembang biak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi Wasdalin BKIPM Semarang Ely Musyarofah mengatakan, kegiatan pelepasan benih lobster di Pulau Cemara Besar Karimunjawa tersebut merupakan ketiga kalinya, sebagai upaya untuk membangkitkan kembali sumber daya alam di daerah tersebut. “Diharapkan beberapa tahun kedepan dapat menjadi era kebangkitan lobster sebagai komoditas perikanan unggulan di Jawa Tengah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2019). 

Disebutnya, untuk menuju hal tersebut tentu saja perlu dukungan dari semua pihak, baik masyarakat maupun  pemerintah setempat untuk bersama sama menjaga benih lobster di wilayah Karimunjawa itu tetap dalam kondisi baik. “Kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pantai, mengurangi penggunaan plastik sehingga tidak mencemari laut, juga tidak memasang jaring ikan paling tidak 1 km dari wilayah penebaran,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya