SOLOPOS.COM - Ilustrasi perceraian (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Sebanyak 16 kasus perceraian PNS terjadi di Kabupaten Madiun selama 11 bulan terakhir.

Madiunpos.com, MADIUN — Selama bulan Januari hingga November 2017 sebanyak 16 kasus perceraian pegawai negeri sipil (PNS) terjadi di Kabupaten Madiun. Mayoritas PNS yang bercerai dari kalangan tenaga kependidikan dan medis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Sigit Budiarto, kepada wartawan, Senin (27/11/2017), mengatakan faktor penyebab perceraian tersebut bermacam-macam, di antaranya karena ada perselingkuhan salah satu pasangan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), maupun faktor ekonomi.

Selain didominasi dari kalangan PNS tenaga didik dan medis, rata-rata perceraian tersebut tercatat diajukan oleh Kaum Hawa atau cerai gugat. “Guna mencegah terjadinya perceraian, kami sudah melakukan berbagai tahap pembinaan bagi para PNS yang mengajukan cerai,” ungkap dia di Madiun.

Sigit Budiarto menambahkan tahapan tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS bahwasannya, atasan langsung sangat berperan dalam melakukan pembinaan kepada bawahannya, baik dalam melaksanakan tugasnya maupun dalam urusan rumah tangga mereka.

Selain dari pihak intern BKD, upaya pencegahan perceraian juga diwujudkan pihak Pengadilan Agama dengan melakukan tahapan mediasi kepada kedua belah pihak. Namun, pada akhirnya keputusan tetap pada kedua belah pihak bersangkutan.

Sigit menambahkan proses perceraian untuk kalangan PNS tersebut tidaklah mudah. Selain diatur dalam undang-undang, juga melalui berbagai macam tahapan sesuai aturan.

Adapun alur atau tahapan pengajuan perceraian tersebut dimulai dari tingkat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang selanjutnya akan disampaikan kepada kepala daerah melalui BKD setempat untuk mendapatkan persetujuan.

Sesuai data, angka perceraian di tahun 2017 tersebut tergolong menurun dibandingkan pada tahun 2016. Pada tahun 2016 tercatat jumlah angka perceraian PNS mencapai 44 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 33 orang sebagai penggugat dan 10 orang sebagai tergugat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya