SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali kepala. Infeksi ini bakal menyebabkan kulit menjadi merah dan terasa gatal serta panas.

Kebanyakan bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Aureus. Namun, ada berbagai bakteri lain yang juga menjadi pemicu bisul. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Perlu diketahui, Staphylococcus Aureus merupakan bakteri patogen yang paling sering menginfeksi jaringan lunak di kulit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bisul adalah jenis penyakit menular yang mestinya segera disembuhkan. Apalagi jika letaknya berada di kepala. Mau tahu bagaimana cara sederhana mengatasi bisul? Simak tips kesehatan yang dihimpun dari Boldsky, Rabu (3/4/2019), berikut:

Kompres air hangat panas

Mengompres area bisul dengan air panas mampu meningkatkan sirkulasi darah. Kompres air hangat juga mengurangi rasa sakit di bagian bisul. Caranya, celupkan bola kapas ke dalam air panas. Peras sisa airnya dan tempelkan kapas ke area bisul selama 10-20 menit. Lakukan perawatan ini tiga kali sehari sampai bisul sembuh.

Garam Inggris (epsom salt)

Epsom salt juga ampuh mengobati bisul karena meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengeluarkan nanah. Caranya, larutkan dua sendok makan garam Inggris ke dalam mangkuk berisi air hangat. Rendam bola kapas di dalam larutan itu, peras sisa airnya, dan tempelkan di area bisul selama 20 menit.

Bubuk kunyit

Bubuk kunyit mengandung senyawa curcumin yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Senyawa curcumin mampu melawan bakteri Staphylococcus Aureus penyebab bisul. Anda bisa memanfaatkan bubuk kunyit dengan air menjadi pasta untuk diolekan ke area bisul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya