SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

SOLO–Tak hanya sektor pariwisata dan properti yang tumbuh luar biasa di tahun 2011. Bisnis rental mobil juga demikian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Semakin ramainya agenda Meeting, Incentive, Convention and Exibihition (MICE) membuat kebutuhan mobil rental di Kota Solo kian besar. Apalagi, tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai menggunakan mobil rental untuk kepentingan mobil dinas.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Soloraya (Aremso), Adji Atmodiwiryo saat dihubungi Espos, Minggu (15/1/2012), mengatakan pertumbuhan bisnis rental mobil tercatat luar biasa. Saat ini, ada hampir 400 unit mobil rental beroperasi di Kota Solo. Jumlah itu belum termasuk mobil rental dari luar Solo yang ikut beroperasi di Solo dan sekitarnya.

Jumlah mobil rental yang beroperasi sejalan dengan pertumbuhan jumlah pemain di bisnis ini.  Ada 11 orang pemain baru dalam kurun waktu 3-4 bulan terakhir.

“Dengan asumsi rata-rata setiap pemain punya empat mobil beroperasi di Solo, maka total ada 400 unit. Itu belum termasuk pengusaha dari luar Solo. Jadi memang potensinya sangat besar,” kata Adji.

Menurut dia, semenjak agenda MICE di Solo ramai, permintaan rental mobil selalu ada. Sekitar 70% dari permintaan rental mobil didominasi perjalanan dalam kota. Sisanya, 30%, untuk perjalanan luar kota. Biasanya, permintaan rental di dalam kota untuk melayani tamu yang ingin keliling kota alias city tour.

Mengenai pertumbuhan, Adji menyebut bisnis rental mobil tumbuh rata-rata 20%-30% dalam setahun terakhir. Sementara, dalam hal jumlah pelaku, Ketua Aremso, Moch Samrodin mengatakan jumlah pemain tumbuh sekitar 10% per tahun. Pertumbuhan tercatat makin besar dalam beberapa tahun terakhir.

“Pertumbuhannya sangat bagus, apalagi dengan nanti Pemkot Solo akan memakai mobil rental untuk mobil dinas. Saya harap itu diikuti pemerintah daerah yang lain,” ujar Samrodin.

JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya