SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan perumahan (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Bisnis properti di Jawa Tengah tertolong oleh kegiatan pameran.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menyatakan realisasi penjualan rumah melalui pameran terus meningkat seiring dengan tingginya permintaan dari masyarakat khususnya Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari beberapa kali pameran yang kami lakukan setiap bulan, selalu ada peningkatan penjualan. Untuk rata-rata peningkatannya sebesar 10 persen/bulan,” kata Ketua REI Jateng MR Prijanto di Semarang, Rabu (30/9/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Oleh karena itu, pihaknya optimistis target penjualan rumah berbagai tipe sebanyak 800 unit dalam satu tahun ini akan tercapai.

Hingga saat ini saja, dari beberapa kali pameran yang dilaksanakan dari bulan Januari-September penjualannya sudah mencapai sekitar 500 unit rumah.

Pihaknya mengaku, dengan adanya peningkatan penjualan tersebut artinya para konsumen pasar properti tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi ekonomi yang sedang lesu.

Sementara itu, awalnya Prijanto sempat mengaku pesimistis dengan penjualan rumah di tahun ini mengingat kondisi rupiah yang terus terpuruk akibatnya menguatnya dolar Amerika Serikat (AS).

“Apalagi, perlambatan ekonomi ini sudah terjadi sejak awal tahun sehingga membuat kami semakin pesimistis,” katanya.

Belum lagi sempat diberlakukannya kebijakan pelarangan inden pembelian properti oleh Bank Indonesia (BI). Meski demikian, kebijakan tersebut saat ini sudah tidak lagi diberlakukan.

“Tepatnya sejak memasuki bulan September kondisinya sudah lebih baik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya,” katanya.

Pihaknya juga menyambut baik penurunan besaran uang muka pembelian rumah dari 30 persen menjadi 20 persen. Diprediksikan, kebijakan yang dikeluarkan BI tersebut akan memacu pertumbuhan ekonomi khususnya dari sektor properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya