SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google img)

Solopos.com, SOLO—Maskapai penerbangan yang direncanakan beroperasi di Bandara Adi Soemarmo sebelum Lebaran kini kembali mengundurkan jadwalnya. Apabila sebelumnya Citilink mengubah waktu operasional dari 1 Juli menjadi 18 Juli, kini giliran Wings Air yang mengundurkan waktu operasional dari 20 Juli.

Operation Department Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Tri Joko Wahyuono, mengatakan maskapai penerbangan yang masuk dalam Lion Group ini mengajukan pengunduran waktu operasional. Maskapai ini dijadwalkan terbang perdana pada Selasa (15/7/2014) tapi mundur menjadi 18 Juli kemudian diundur lagi menjadi 20 Juli untuk mengisi rute Surabaya-Solo-Bandung dan sebaliknya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Station Manager Lion Air Solo, Leo Kartiko, mengaku belum bisa memastikan jadwal penerbangan perdana Wings Air. Hal ini karena pihaknya masih menyelesaikan beberapa perizinan. “Kami akan mengumumkan penerbangan perdana Wings Air kalau sudah ada kepastian karena biasanya ada ceremonial. Tapi kami berusaha supaya Wings Air bisa beroperasi sebelum Lebaran untuk mengakomodir kebutuhan angkutan Lebaran bagi pemudik,” kata Leo kepada wartawan, Selasa (15/7/2014).

Sementara itu, sejumlah travel agent mengaku belum menjual tiket Wings Air. Bahkan ada yang mengaku belum mengetahui mengenai rencana pengoperasian Wings Air di Solo. Manager Operasional Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki, menyampaikan belum menjual tiket Wings Air. Bahkan saat pihaknya mengecek penjualan tiket maskapai yang menggunakan pesawat jenis ATR 72 ini rute Solo-Bandung semenjak dibuka hingga H+7 Lebaran sudah sold out. Sedangkan untukSolo-Surabaya masih ada beberapa kursi yang tersisa.

Namun Leo menyampaikan tiket Wings Air belum dijual terutama untuk keberangkatan dari Solo. Menurut dia, penjualan tiket di website tersebut karena sedang uji coba sistem. Sementara itu, penjualan tiket Citilink yang direncanakan beroperasi 18 Juli, mulai diburu masyarakat. Endang menjelaskan bagi pelanggan yang kehabisan atau baru pesan tiket menjelang Lebaran ini banyak yang memilih menggunakan Citilink. Tercatat penerbangan pada 2 Agustus paling banyak diminati.

Sales Manager Mandira Tour and Travel, Vitara Aryani, mengatakan pembukaan pejualan tiket Citilink terlambat jika dibandingkan maskapai lain. Menurut dia, kebanyakan yang membeli tiket Citilink merupakan penumpang yang sudah kehabisan tiket maskapai lainnya. Namun biasanya, pemesanan juga karena diarahkan oleh travel agent karena banyak yang belum mengetahui operasional maskapai yang mengisi rute Solo-Halim Perdana Kusuma tersebut. Oleh karena itu, pihaknya menilai perlu ada sosialisasi kepada masyarakat terkait pengoperasian dua rute baru tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya