SOLOPOS.COM - Karyawan berfoto di samping Datsum Go Plus di Showroom Datsun Solo Baru, Sukoharjo, Sabtu (19/5/2015). (JIBI//Solopos/Shoqib Angriawan)

Bisnis otomotif untuk penjualan Datsun Solo membukukan angka yang cukup signifikan.

Solopos.com, SUKOHARJO—Dua showroom Datsun yang ada di Solo Baru, Sukoharjo dan Jebres, Solo mencatat hattrick penjualan tertinggi di Jawa Tengah (Jateng) pada awal 2015. Sumbangan tertinggi berasal dari Datsun Go Plus dengan raihan penjualan 65%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Key Account Head Datsun Solo Baru, Martogi Pardosi, mengatakan dua showroom mencatat penjualan sekitar 60 unit per bulan. “Solo merupakan salah satu wilayah dengan penjualan yang bagus. Dua cabang (Datsun Solo Baru dan Jebres) bisa menjual 55 unit hingga 60 unit per bulan. Tiga bulan belakangan selalu memenangi penjualan tertinggi di Jawa Tengah,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela perayaan ulang tahun Datsun yang ke-1 di Showroom Datsun Solo Baru, Sabtu (9/5/2015).

Dari jumlah tersebut, 65 persen penjualan di antaranya merupakan sumbangan dari Datsun Go Plus. Sedangkan sisanya merupakan penjualan Datsun Go.
Menurutnya, Go Plus merupakan jenis multi purpose vehicle (MPV) yang cocok untuk keluarga. Sebab, mobil tersebut mampu menampung tujuh orang penumpang. Berbeda dengan kompetitor lain yang hanya bisa menampung lima orang di kelas yang sama.

Dia juga tidak memungkiri saat ini pasar otomotif meredup. Tetapi, menurutnya, pasar Datsun tidak terganggu dengan belum stabilnya kondisi perekonomian Indonesia.
“Kami tidak memungkiri saat ini pasar otomotif meredup. Kenaikan harga bahan bakar minyak mempengaruhi daya beli masyarakat. Selain itu nilai tukar rupiah juga tidak kunjung membaik. Tetapi, di Datsun tidak begitu berpengaruh dan cenderung stabil,” ujarnya.

Sebab, Go Plus yang termasuk kategori mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) itu pun terbilang terjangkau dengan harga Rp111,5 juta/ unit. Sedangkan, Datsun Go pada segmen hatchback dibanderol seharga Rp108,45 juta/unit.

Untuk membantu mendongkrak penjualan, dalam rangka perayaan ulang tahun Datsun memberikan spesial promo pada Mei ini. Perusahaan otomotif di bawah payung Nissan tersebut memberikan promo undian berhadiah masing-masing 100 koin emas dan 100 tabungan pendidikan senilai Rp5 juta untuk pemesanan pada bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya