SOLOPOS.COM - Personel Qlapa (Antaranews)

Bisnis online Qlapa diluncurkan untuk menjual kerajinan tangan buatan Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Situs bisnis online atau marketplace yang khusus menjual kerajinan tangan Indonesia, Qlapa, resmi meluncur. Qlapa diluncurkan untuk membantu memajukan perajin Tanah Air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (201/11/2015) CEO dan co-founder Qlapa, Benny Fajarai, mendirikan situs bisnis online Qlapa karena memiliki impian untuk memberdayakan kreativitas lokal dengan Internet.

“Saya punya mimpi yang sederhana, yaitu dapat memperkenalkan dan memberdayakan kreativitas lokal melalui Internet,” ujar Benny Fajarai.

Ekspedisi Mudik 2024

Bisnis online Qlapa didirikan bersama co-founder Fransiskus Xaverius, engineer yang tinggal di Amerika Serikat selama lima tahun dan bekerja di berbagai perusahaan besar seperti Google, Blackberry, Zynga, Castlight, dan Homejoy sebagai engineer. Pada awal 2015, Frans memutuskan kembali ke Indonesia untuk mengembangkan Qlapa sebagai CTO.

Bisnis online Qlapa telah diluncurkan 1 November 2015 hingga kini telah menjual ribuan produk kerajinan tangan yang berasal dari ratusan penjual lokal.

Setiap transaksi di Qlapa menggunakan sistem yang diotomisasi dan menggunakan rekening bersama, sehingga pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya. Sistem itu juga dilengkapi penghitungan ongkos kirim serta manajemen pemesanan yang rapi.

Penjual bisa menawarkan variasi produk apabila produknya memiliki banyak variasi warna. Ada juga fitur kustomisasi yang memungkinkan penjual menerima pesanan dari penjual.

Penjual juga bisa menerima pesanan dalam bentuk preorder apabila penjual tersebut memang hanya membuat produk handmade atau buatan tangan berdasarkan pesanan saja.

Benny menganggap bisnis online Qlapa bisa menjadi solusi pemasaran yang lebih murah ketimbang lewat bazaar. Dibandingkan media sosial, marketplace dinilai lebih membantu karena fiturnya memang dibuat khusus untuk jual beli.

Masih ada marketplace populer lain yang bisa dimasuki penjual, namun mereka juga harus bersaing dengan produk lain yang diproduksi dalam jumlah besar.

Itulah mengapa bisnis online Qlapa ingin menyediakan satu tempat di mana seluruh pengrajin lokal di Indonesia bisa berjualan bersama dengan sistem yang sesuai dengan mereka.

“Melalui Qlapa, kami juga berharap kerajinan lokal Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas baik skala nasional dan internasional,” pungkas Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya