SOLOPOS.COM - Peluncuran Kioson (Liputan6.com)

Bisnis online Kioson membantu UMKM menghadirkan sistem belanja online yang aman dan menguntungkan.

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan yang bergerak di bisnis penjualan online, PT Kioson Komersial Indonesia, menggandeng para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di kota-kota lapis kedua sebagai mitra dengan menghadirkan e-commerce atau sistem bisnis online Kioson.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (20/11/2015), Kioson merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang melibatkan UMKM melalui sistem belanja online yang aman dan menguntungkan dengan menyediakan perangkat tablet sebagai sarana bertransaksi.

Founder Kioson, Roby Tan, mengatakan bisnis online Kioson bisa menghadirkan solusi untuk UMKM yang mengalami penurunan dalam usaha karena kondisi ekonomi yang terpuruk.

“Kioson didirikan untuk memberikan solusi bagi UMKM yang usahanya menurun di tengah kondisi ekonomi yang makin terpuruk, saat penguasaan teknologi mereka yang masih tertatih-tatih dan keterbatasan dalam persaingan dengan retailer modern yang saat ini banyak bermunculan. Ke depannya, kami berharap Kioson dapat mendorong retailer UMKM menjadi e-tailer atau retailer yang menjalankan bisnis online,” kata Roby Tan.

Sejak didirikan Mei 2015, Kioson telah memiliki jaringan yang kuat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya lebih dari 1.000 tablet yang sudah terinstalasi di toko-toko yang menjadi mitra Kioson.

Menurut Chief Executive Officer Kioson, Jasin Halim, Kioson merupakan perusahaan yang membuka akses bagi masyarakat Indonesia yang tidak memiliki rekening bank atau kartu kredit untuk melakukan transaksi berbelanja online.

Selain itu Kioson secara umum didirikan dalam rangka mengedukasi dan meramaikan bisnis online di Indonesia. Berdasarkan hasil survei tentang kebiasaan masyarakat Indonesia, terdapat 64% penduduk Indonesia yang belum dapat mengakses Internet.

“Sebanyak 60% tidak memiliki rekening bank dan 95,5% tidak memiliki kartu kredit. Segmen masyarakat tersebutlah yang menjadi target Kioson,” tambahnya.

Kioson mengklaim pihaknya sangat mengerti local value yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia dalam berbelanja yaitu tetap ingin berinteraksi langsung antara penjual dan pembeli karena adanya unsur saling percaya, senang barang murah namun berkualitas, adanya komunikasi yang terjalin dari proses pembelian barang hingga sampai ke tangan pembeli.

Hal tersebut dipenuhi oleh sistem Kioson, karena penjual dan pembeli bertemu di Mitra Kioson yang ada bentuk fisiknya seperti toko atau kios. Barang-barang yang ditawarkan secara online jauh lebih murah dan Kioson selalu memberikan update melalui SMS mulai dari transaksi pembelian, proses penerimaan uang, pengiriman barang hingga barang sampai ke tangan pembeli.

Produk-produk yang ditawarkan bisnis online Kioson terdiri dari dua kategori yaitu e-commerce seperti fashion, peralatan kantor, alat kesehatan dan kecantikan, elektronik, gadget dan non e-commerce misalnya pulsa, token listrik, pembayaran tagihan telepon dan tagihan PAM. Semua produk-produk tersebut ditampilkan dalam tablet yang ada di mitra Kioson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya