Bisnis Ini Justru Berkembang di Masa Pandemi, Omzet Melambung Sampai Rp400 Juta/Bulan

Bisnis karangan bunga menjadi salah satu sektor yang justru berkembang saat pandemi Covid-19. Seperti yang terjadi di Kota Madiun.

 Pekerja sedang menata pesanan karangan bunga di rumah produksi karangan bunga, Jl. Jawa, Kota Madiun, Jumat (30/7/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Pekerja sedang menata pesanan karangan bunga di rumah produksi karangan bunga, Jl. Jawa, Kota Madiun, Jumat (30/7/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Masa pandemi Covid-19 membuat berbagai usaha lesu dan terpuruk. Namun, kondisi itu tidak berlaku untuk usaha pembuatan karangan bunga duka cita.

Seperti pembuat karangan bunga di Jl. Jawa Kota Madiun yang justru mencatatkan penjualan tertingginya pada masa pandemi ini. Omzetnya pun mengalami peningkatan hingga Rp400 juta per bulan.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi usaha karangan bunga di Jl. Jawa, Jumat (30/7/2021), para pekerja sedang menata karangan bunga pesanan konsumen. Tumpukan bunga terlihat di rumah produksi tersebut.

Baca Juga: Salut! Sukarelawan Pengantar Oksigen di Wonogiri Ini Tak Patok Tarif: Bayar Seiklhasnya

Pemilik usaha, Sapto Sugiharto, 51, mengatakan pemesanan karangan duka cita naik drastis sebulan terakhir. Bahkan sehari bisa mencapai 50 karangan bunga. Sebelumnya, pesanan karangan bunga duka cita antara 15 hingga 17 saja.

“Saat awal pandemi memang naik pesanannya. Tapi sebulan terakhir saat PPKM Darurat, yang pesan karangan bunga duka cita semakin banyak. Sehari bisa 30 hingga 50 karangan bunga duka cita,” kata dia.

Sapto menuturkan pihaknya sampai menolak pesanan karena jumlah pesanan sudah melebihi kapasitas. Bahkan dirinya juga menambah dua orang karyawan untuk melayani permintaan yang semakin banyak.

Baca Juga: Negara-Negara Ini Pernah Lockdown, Bener Covid-19 Terkendali? Nyatanya Enggak

“Saat ini sudah menambah dua karyawan. Sebelumnya ada sembilan karyawan. Jadi sekarang ada sebelas karyawan,” ujar pria yang sudah membangun usaha ini sejak 1991.

Pemesan karangan bunga duka cita ini sebagian besar dari instansi pemerintah maupun swasta. Karangan bunga ini sebagian besar untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia. “Karena saat diantar, biasanya rumah tujuan tutup. Kalau tutup biasanya pasien Covid-19. Kalau bukan Covid-19 rumahnya terbuka,” ujar dia.

Harga satu karangan bunga di tempatnya, lanjut Sapto, Rp500.000 hingga Rp2,5 juta. Kebanyakan orang membeli yang seharga Rp500.000.

Meski permintaan karangan bunga meningkat tajam, dia memastikan stok bunga mencukupi. Setiap tiga hari sekali, dia mengambil bunga dari Ambarawa, Jawa Tengah, sebanyak satu pikap.

Baca Juga: Pemkab Bantul Kini Punya Bantulpedia, Aplikasi Penyedia Segala Layanan Pemerintah

“Kalau biasanya satu pikap itu sebanyak 300 ikat bunga. Tapi, untuk sekarang satu pikap bisa sampai 600 ikat bunga,” ujarnya.

Meski permintaan tinggi selama masa pandemi, dia berharap Covid-19 segera berakhir. Sehingga kehidupan bisa kembali normal seperti sedia kala.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Jelang PTM, Ribuan Pelajar di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan vaksinasi bagi pelajar sangat penting terlebih bagi pelajar SMA karena sudah mulai menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah.

Asyik! Madiun Level 2, Gedung Bioskop Boleh Buka

Wali Kota Madiun, Maidi, memperbolehkan gedung bioskop untuk beroperasi namun jumlah penonton dibatasi dan wajib protokol kesehatan.

Pemkab Madiun Sediakan Swab dan Vaksinasi Gratis bagi Peserta Seleksi CPNS dan PPPK

Pemkab Madiun membatasi swab antigen gratis dan vaksinasi Covid-19 bagi peserta seleksi CPNS dan PPK di Pemkab Madiun dan warga setempat.

Meski Takut, Siswa SD di Madiun Rela Disuntik Vaksin Demi Belajar di Sekolah

Para siswa SD yang berusia 12 tahun di Kota Madiun mengaku rela mengesampingkan rasa takut mereka disuntik vaksin Covid-19 demi bisa belajar dan bermain di sekolah.

Timbulkan Kerumunan, Polisi Bubarkan Acara Musik di Ponorogo

Petugas kepolisian membubarkan kegiatan musik elekton campursari di rumah warga di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Senin PTM, Seribuan Siswa SD di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi

Siswa SD kelas VI yang usianya sudah 12 tahun dan belum mendapat suntikan vaksin harus mengikuti vaksinasi Covid-19.

2 Pelaku Pencurian 25 Komputer Sekolah di Madiun Ditangkap, 3 Masih Buron

Setelah empat bulan melakukan pengejaran, Polres Madiun berhasil menangkap dua tersangka pelaku pencurian komputer di dua sekolah. Tiga tersangka lain masih buron.

Covid-19 Jatim Terus Membaik, Tingga Satu Zona Oranye, Lainnya Kuning

Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang masuk zona oranye, lainnya kuning.

Ibu Hamil Ditemukan Meninggal di Indekos, Polisi Madiun Kantongi Petunjuk Baru

Penyelidik menemukan petunjuk baru setelah ponsel milik perempuan muda yang meninggal di indekos di Madiun itu diperbaiki.

Ada Laporan Warga, BPCB Jatim Lakukan Ekskavasi di Demangan Madiun

Tim peneliti dari BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi di wilayah Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Hujan dan Angin Kencang Robohkan Satu Rumah di Madiun

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan satu rumah di Desa Kedungrejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, roboh.

Waduh, Wawali Madiun Inda Raya Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, terkonfirmasi positif Covid-19. Ia meminta warga yang berkontak dengannya untuk melakukan rapid test antigen.

Wali Kota Madiun Minta Guru PAUD Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Di masa pandemi Covid-19, Maidi meminta tenaga pendidik PAUD wajib kreatif dan inovatif.

Dengarkan Keluhan Pekerja Seni saat Pandemi, Begini Solusi Wali Kota Madiun

Pemkot Madiun memfasilitasi ruang bagi para pekerja seni dan budaya untuk bisa terus berkarya.

Pengumuman! Wawali Kota Madiun Terkonfirmasi Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar hasil swab, Selasa (14/9/2021).

PKKMB Unipma Selesai, Ini Pesan Rektor Kepada Mahasiswa Baru

Harapannya, para mahasiswa baru Unipma bisa memanfaatkan kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi dengan semangat disiplin.