Bisa Tangkal Stres, Ini Daftar Manfaat Pelihara Ikan Hias
Ikan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kini, banyak orang yang mulai menggeluti hobi memelihara ikan hias. Ternyata, dengan memelihara ikan hias dapat memberikan berbagai manfaat, mulai dari membasmi jentik nyamuk hingga dapat mengurangi stres.

Selama pandemi Covid-19, ikan hias guppy dan cupang menjadi incaran yang banyak diminati para penghobi ikan hias. Menurut Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA), peningkatan minat masyarakat terhadap ikan hias selama pandemi sangat terasa bagi para peternak ikan.

PKS Sambut Baik Habib Rizieq-UAS Dijagokan Maju di Pilpres 2024

"Meningkatnya jumlah peminat dan pembelian ikan cupang dan ikan guppy pada masa pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan manfaatnya oleh banyak sekali breeder di seluruh Indonesia, mudah-mudahan hal tersebut dapat memacu seluruh breeder ikan cupang dan ikan guppy untuk mempertahankan kualitas ikan dan tidak lupa terus berinovasi untuk melahirkan jenis-jenis baru yang sebenarnya hal tersebut sangat dinantikan oleh penggemar ikan cupang dan ikan guppy," terang Ahmad Taufik, salah satu anggota IGPA dari Swati Farm.

Dikutip dari keterangan resmi IGPA, berikut daftar manfaat memelihara ikan hias:

Kurangi Stres

Terdapat penelitian pada 2015 yang dilakukan oleh para pakar National Marine Aquarium, Plymouth University yang bekerja sama dengan University of Exter. Hasil penelitian itu menyebut dengan memandangi ikan di akuarium dapat membantu menstabilkan ritme jantung dan mengurangi tekanan darah.

Kemudian dalam penelitian lain yakni pada jurnal Environment & Behavior mengungkapkan semakin banyak jumlah ikan pada sebuah akuarium, maka semakin baik untuk
meningkatkan mood.

Basmi Jentik Nyamuk

Ikan guppy merupakan ikan hias yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini masuk di Indonesia pada tahun 1920 awal. Sebelumnya, ikan guppy difungsikan sebagai pemakan jentik atau larva nyamuk malaria, namun akhirnya kini menjadi ikan hias yang banyak dicari para penghobi.

Taman Wisata Terbesar di Asia Tenggara Jateng Valley Bakal Terhubung Tol Semarang-Solo

Dengan banyaknya peminat ikan guppy, jenis ikan ini berkembang sangat banyak. "Jenis ikan guppy yang saat ini tercetat di seluruh dunia ada ratusan jenis dan akan terus bertambah dengan proses penyilangan dari breeder seluruh dunia yang tidak pernah berhenti," ungkap presiden IGPA, Sahlan Rosyadi.

Mempercantik Ruangan

Manfaat memelihara ikan hias berikutnya adalah untuk mempercantik rumah Anda. Kini, jenis ikan hias yang banyak diminati adalah ikan guppy dan cupang. Keduanya memiliki keunikan pada sirip dan ekor yang bisa merekah indah, seperti menggunakan gaun.

Meski memiliki keunikan yang sama, kedua jenis ikan itu memiliki karakter yang jauh berbeda. Ikan cupang cenderung agresif dan berkarakter soliter. Oleh karena itu ikan ini tidak dapat disatukan dengan ikan sejenisnya. Sementara itu, ikan guppy memiliki karakter yang tidak agresif dan suka berkoloni.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom