Ilustrasi mengecek smartphone saat bangun tidur. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan pengguna smartphone biasanya langsung mengecek ponsel pintar mereka saat bangun tidur. Studi dari IDC Research menemukan 80% pengguna smartphone mengecek ponsel mereka 15 menit setelah terbangun.

Sayangnya, kebiasaan itu ternyata berdampak negatif. Waktu yang tepat untuk mengecek smartphone sebenarnya adalah satu jam setelah mata terbuka dari nyenyaknya tidur.

Pasalnya, ada beberapa bahaya yang mengintai jika Anda terbiasa mengecek smartphone saat bangun tidur. Dihimpun dari Detik.com, Kamis (16/1/2020), berijkut bahaya jika Anda terbiasa mengecek ponsel saat bangun tidur:

1. Stres
Psikiater di San Francisco, California, Amerka Serikat (AS), dr. Nikole Benders-Hadi, mengatakan mengecek ponsel saat bangun tidur bisa meningkatkan stres. "Secara langsung mengecek ponsel setelah terbangun bisa memulai hari dengan cara yang lebih mungkin meningkatkan stres dan membuat Anda merasa kewalahan," katanya.

Studi di University of Gothenburg mengukur efek penggunaan ponsel pada orang berusia sekitar 20 tahun selama setahun dan menemukan penggunaan ponsel yang tinggi secara langsung berkorelasi dengan peningkatan laporan depresi baik untuk pria dan wanita.

2. Otak Terganggu
Menurut Dr Nikole Benders-Hadi, asupan informasi yang terlalu banyak sebelum benar-benar terbangun akan mengganggu kemampuan Anda untuk memprioritaskan tugas. Sepanjang hari, Anda akan lebih mudah teralihkan dari tugas alias kurang fokus. Hal ini pun bisa mengacaukan produktivitas sepanjang hari.

3. Waktu Terbuang
Dengan mengecek media sosial, Anda bisa menemukan berbagai macam hal dan opini dari banyak orang. Hal ini bisa membuat otak sudah dipenuhi pikiran sejak terbangun. Sebaiknya, fokus pada diri sendiri saat bangun tidur dibandingkan langsung mengecek e-mail atau media sosial. Anda bisa memulai hari dengan olah raga dan sarapan sehat.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten