Bisa Sampai Puluhan Juta Rupiah, Segini Gaji Karyawan BUMN 2022

Besaran gaji karyawan Badan Umum Milik Negara (BUMN) 2022 menjadi salah satu alasan para pencari kerja untuk berkarier.

 Ilustrasi uang tunai (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Besaran gaji karyawan Badan Umum Milik Negara (BUMN) 2022 menjadi salah satu alasan para pencari kerja untuk berkarier.

Selain akan menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS), para pencari kerja memburu BUMN lantaran gajinya yang terbilang besar. Tak hanya itu, bekerja di perusahaan BUMN juga akan mendapat tunjuangan, fasilitas, dan juga asuransi.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kabar baiknya, Kementerian BUMN telah membuka lowongan pekerjaan besar-besaran. Program bertajuk Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini telah dimulai sejak Selasa (12/4/2022).

Lantas, berapakah gaji karyawan BUMN 2022? Manakah BUMN yang memberikan gaji terbesar?

Baca Juga: BRI Buka Lowongan Kerja dalam Rekrutmen Bersama BUMN, Cek Syaratnya

Beberapa BUMN yang menjadi favorit para pencari kerja antara lain PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang menjadi pemimpin di sektor telekomunikasi, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang merupakan satu dari empat bank besar di Indonesia, dan PT Pertamina (Persero) yang wilayah kerjanya dari Sabang hingga Merauke, hingga luar negeri.

Berikut perkiraan daftar gaji sejumlah BUMN favorit dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/4/2022):

1. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

Dilansir dari berbagai situs pencari kerja per periode 31 Agustus 2021, karyawan PT Telkom Indonesia Tbk digaji sesuai dengan jabatan masing-masing pekerjaannya.

Untuk posisi product manager, Telkom memberikan gaji berkisar Rp88 juta-Rp94 juta per bulan. Untuk posisi strategic investment manager, gajinya berkisar antara Rp58 juta-Rp62 juta per bulan.

Sementara itu, gaji karyawan Telkom di level senior manager berkisar Rp39juta-Rp43 juta per bulan. Sementara itu, untuk level staff, gaji yang diberikan adalah berkisar Rp8juta-Rp10 juta per bulannya.

Khusus bagi karyawan yang masuk melalui jalur Management Trainee (MT), gaji yang diberikan berkisar Rp7 juta-Rp8 juta.

Baca Juga: Jumlah Kantor Cabang Bank BUMN Turun 13 Persen, Swasta Bertambah

2. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Gaji karyawan di Bank Mandiri didasarkan pada level atau jabatan. Dari berbagai situs pencarian kerja diketahui bahwa gaji karyawan Bank Mandiri untuk level area branch manager adalah sebesar Rp68 juta-Rp74 juta per bulan.

Untuk level manager, gaji yang diberikan adalah sebesar Rp27 juta-Rp30 juta per bulan. Untuk jabatan internal auditor, gajinya berkisar Rp10juta-Rp11 juta per bulan.

Sementara itu, untuk level staff, gaji karyawan Bank Mandiri adalah sekitar Rp10 juta per bulan. Jika karyawan masuk melalui jalur Management Trainee (MT) atau Officer Development Program (ODP), gajinya berkisar Rp6 juta per bulan.

Baca Juga: BUMN Buka 2.700 Lowongan, Begini Cara Bikin SKCK secara Online

3. PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina memang dikenal menggaji karyawannya dengan upah yang besar. Ada berbagai posisi di BUMN yang satu ini. Posisi inilah yang akan menentukan besaran gaji yang diterima karyawan. Gaji karyawan Pertamina bisa diperinci sebagai berikut.

Gaji site engineer berkisar Rp30juta-Rp33 juta.
Gaji engineer berkisar Rp19 juta-Rp21 juta per bulan.
Gaji reservoir engineer berkisar Rp21 juta-Rp32 juta.
Gaji chief supply chain berkisar Rp63 juta- Rp68 juta.
Gaji manager IT solution berkisar Rp57 juta- Rp62 juta.
Gaji administrasi berkisar Rp19 juta-Rp21,07 juta.
Gaji staf akuntansi berkisar Rp9,6 juta-Rp10,5 juta.
Gaji petugas SPBU berkisar Rp1,9 juta-Rp5,1 juta

Baca Juga: BUMN Buka 2.700 Lowongan, Catat Syarat dan Cara Melamarnya

4. PT KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga merupakan salah satu perusahaan BUMN yang dinanti lowongannya oleh jobseeker. PT KAI berani memberi gaji hingga Rp13 juta per bulan buat yang melamar sebagai masinis.

Sementara itu, gaji tertinggi yang ditawarkan PT KAI buat posisi Executive Vice President, yaitu sebesar Rp42,5 juta. Lalu ada posisi manajemen sebesar Rp17,9 juta, Senior Manager sebesar Rp28,4 juta, hingga General Manager Rp28,5 juta.

Jumlah gaji besar ini belum termasuk dengan THR dan ulang tahun yang masing-masing mendapatkan tunjangan sebesar satu kali gaji. Ada juga tunjangan lain, seperti tunjangan rumah, transportasi dan tunjangan rekreasi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Pengamat Ekonomi UMS Sebut Laundry Koin Tak akan Jadi Saingan Laundry Rumahan

      engamat Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Anton Agus Setyawan melihat bisnis penatu laundry koin dan laundry rumahan akan berjalan beriringan.

      Mengulas Bisnis Waralaba Penatu di Solo, Layanan Kilat hingga Self Service

      Bisnis penatu di Kota Solo terus bertransformasi. Dari mulai bisnis laundry rumahan, laundry kilat, hingga beberapa tahun terakhir ini mulai marak bisnis laundry koin dengan tawaran cuci kering cepat.

      Bulog Bagikan Corn Sheller kepada Petani Jagung di Lampung

      Perum Bulog melalui Program Bulog Peduli Petani membagikan bantuan berupa corn sheller atau pemimipil jagung kepada Kelompok Tani Harapan Maju di Lampung Selatan.

      Rating CSA Melesat Signifikan di 2022, Penerapan ESG BRI Terus Meningkat

      Keterlibatan aktif BRI dalam kegiatan CSA juga merupakan strategi perusahaan dalam melakukan continuous improvement terkait implementasi ESG.

      Dikenal sebagai Pengusaha dan Politikus, Segini Total Kekayaan Surya Paloh

      Sering diebut sebagai  salah satu ketua umum parpol terkaya di Indonesia, total kekayaan yang dimiliki oleh Surya Paloh menjadi sorotan publik.

      Pupuk Indonesia Gelar Program Kompetisi Karya Jurnalistik

      PT Pupuk Indonesia (Persero) resmi membuka program kompetisi karya jurnalistik Pupuk Indonesia Media Award (PIMA) 2022.

      Perlu Tahu, Begini Cara Mengganti Kartu BCA Blue ke BCA Gold

      Kartu debit atau kartu ATM yang dapat digunakan untuk transaksi di mesin ATM milik bank BCA ataupun bank lainnya. Lantas bagaimana jika ingin menganti kartu BCA Blue ke BCA Gold? Ini ulasannya.

      Airlangga Pastikan Kartu Prakerja Berlanjut, Peserta Dapat Bantuan Rp4,2 Juta

      Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan program Kartu Prakerja bakal dilanjutkan pada 2023.

      Didorong Data Eksternal, Rupiah Berhasil Menguat 

      Nilai tukar rupiah ditutup menguat pada akhir perdagangan Selasa (4/10/2022) ke Rp15.247,5 per dolar AS.

      Presiden Jokowi Apresiasi Sinar Mas Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

      Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, menuturkan saat ini pelaku UMKM membutuhkan kemitraan dengan perusahaan untuk bisa naik kelas.

      Mendorong Kedelai Lokal Naik Kelas

      Guna mendorong petani menanam kedelai, pemerintah berjanji bakal membeli hasil panen yang tergolong tinggi. Jika sebelumnya harga jual kedelai dari pertani berkisar Rp6.000 hingga Rp7.000/kg, pemerintah bakal membeli kedelai dari petani seharga Rp10.000/kg.

      Pemerintah Tambah Kuota BBM Jenis Pertalite dan Solar

      Penambahan kuota Pertalite dan Solar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir 2022.

      Harga Komoditas di Solo Stabil, Harga Beras C4 di Pasar Nusukan Naik

      Mayoritas harga komoditas pangan di Solo stabil, hanya harga beras yang mengalami kenaikan.

      September Solo Alami Inflasi 1,30%, Kelompok Transportasi Andil 1,13%

      Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga tertinggi adalah kelompok transportasi sebanyak 9,20% dengan andil inflasi 1,13%.

      Rumah Tangga Jadi Kelompok Terbanyak Konsumsi Air PDAM di Solo

      Rumah tangga 3 mengonsumsi sekitar 470.000 m3 air PDAM per bulan. Konsumsi tersebut menyumbang 47% total konsumsi air PDAM di Kota Solo dari seluruh golongan.