Bisa Saling Menularkan, Covid-19 di Kucing Lebih Bahaya Karena Ini
Kucing di Rumah Difabel Meong memakai masker. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Sebuah studi di Amerika Serikat membuktikan virus corona Covid-19 yang menjangkiti manusia bisa menular dari kucing ke kucing. Yang mengerikan, Covid-19 pada kucing tak menunjukkan gejala spesifik.

Kasus Covid-19 Menanjak, Luhut Ingin Pelonggaran PSBB di 3 Daerah

Temuan ini menambah jumlah penelitian yang menunjukkan bagaimana kucing, besar dan kecil, dapat tertular virus. Meskipun ditemukan kucing menularkan ke kucing lain, para ahli mengatakan tidak ada bukti bahwa kucing berkontribusi terhadap penyebaran Covid-19.

Dalam studi tersebut, para peneliti menginfeksi tiga kucing dan menemukan bahwa semuanya melepaskan virus setelah tiga hari. Ketika kucing yang terinfeksi dipasangkan dengan yang sehat, ditampung bersama selama beberapa hari, kucing yang sehat juga terserang virus.

Pemerintah Klaim Lakukan Tes Covid-19 Masif di Indonesia, Faktanya....

Tidak ada hewan dalam penelitian ini yang menunjukkan gejala seperti suhu abnormal atau penurunan berat badan yang substansial.

Akan tetapi, dua kucing pertama di Amerika Serikat (AS) yang dites positif menunjukkan gejala pernapasan ringan, meskipun keduanya diharapkan pulih sepenuhnya. Delapan singa dan harimau di Kebun Binatang Bronx juga dinyatakan positif.

13 Pasien Karantina di Rumah Sehat Covid-19 Sukoharjo, Kondisi Mereka Dipantau Lewat Grup Penghuni Surga

Tim di balik studi baru, yang dipimpin oleh pakar virus internasional Yoshihiro Kawaoka dari Universitas Tokyo dan ilmuwan dari University of Wisconsin, mengatakan lebih banyak penelitian diperlukan untuk lebih memahami apakah kucing dapat menularkan virus ke manusia juga.

Sumber: Okezone


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho