SOLOPOS.COM - Kostum wasit yang akan di gunakan di kompetisi sepak bola Inggris untuk musim 2022/2023. (Twitter/FA_PGMOL)

Solopos.com, SOLO – Wasit adalah elemen terpenting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Meski saat ini teknologi VAR telah digunakan, namun keputusan utama tetap di tangan wasit. Tahukah Anda berapa gaji wasit di liga-liga utama sepak bola dunia? Berikut ini daftarnya:

Meski semua orang sepakat bahwa peran wasit adalah yang paling penting di sepak bola, pekerjaan mereka cenderung membuat mereka menjadi sasaran cemoohan dan kebencian. Baik dari pemain, pelatih, pemilik klub, dan tentu yang paling banyak adalah dari suporter.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Namun, apakah profesi tersebut memiliki keuntungan secara finansial yang menjanjikan terlepas dari sedikit apresiasi yang di terima wasit di mata publik?

Dikutip dari Sportsbrief, Kamis (14/7/2022), gaji wasit di liga-liga utama sepak bola termasuk juga dari FIFA dan UEFA, ternyata nominalnya sangat fantastis. Gaji seorang wasit utama di Eropa ternyata bisa menyentuh angka Rp150 juta per pertandingan.

Baca Juga: Ini Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF U-19 2022, Siapa Terdepan?

Dalam setahun gaji wasit utama bisa mencapai miliaran rupiah. Gaji wasit sepak bola yang sedemikian fantastis tersebut salah satunya adalah dalam rangka menjaga propesionalitas para pengadil pertandingan sepak bola.

Berikut ini daftar gaji atau penghasilan wasit di liga-liga utama sepak bola di dunia dikutip dari Sportsbrief:

– Gaji rata-rata wasit FIFA: US$260.000 per tahun (setara Rp3,92 miliar per tahun)

– Gaji wasit Liga Inggris: US$92.000 per tahun (setara Rp1,38 miliar per tahun)

– Gaji wasit UEFA: US$2.000 hingga US$10.000 per pertandingan (setara Rp30 juta hingga Rp150 juta per pertandingan)

– Gaji wasit Liga Spanyol: US$6.600 per pertandingan (setara Rp99,6 juta per pertandingan)

– Gaji wasit Liga Italia: US$1.100 hingga US$3.800 per pertandingan(setara Rp16,6 juta hingga Rp57,3 juta per pertandingan)

– Gaji wasit Piala Dunia: US$3.000 per pertandingan (setara Rp45,2 juta per pertandingan)

Catatan: Kurs US$1 = Rp15.092

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya