Bisa Picu Penyakit Jantung, 4 Makanan yang Sebaiknya Dihindari
Ilustrasi makanan cepat saji (Nutrifusion.com)

Solopos.com, SOLO–-Tanpa sadar banyak makanan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi penderita jantung, malah dikonsumsi. Apalagi kebanyakan makanan yang tidak baik untuk jantung ini merupakan makanan cepat saji.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang ditakuti karena angka kematiannya tergolong tinggi. Gaya hidup dan pola makan disebut punya pengaruh  dengan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tak terkena penyakit jantung. Melansir dari berbagai sumber, Minggu (29/11/2020) berikut ulasannya.

3 Hal Aneh Di Kasus Sopir Truk Pertamina Tabrak Pria Di Jalan Surabaya-Madiun

Makanan cepat saji

Penyakit jantung yang paling umum adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah arteri oleh plak. Plak pada arteri ini terbentuk oleh lemak dan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Ahli kardiologi dari Universitas Hofstra, Regina Druz mengatakan konsumsi relatif tinggi lemak jenuh yang berasal dari hewan dan karbohidrat berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Sehingga, jika kalian sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol, maka risiko penyakit jantung juga akan semakin besar. Makanan seperti pizza, burger, daging dengan lemaknya, dan berbagai makanan yang digoreng adalah contoh makanan yang dilarang untuk pengidap penyakit jantung.

Sebuah studi juga menyebut orang yang makan kentang goreng dua hingga tiga kali seminggu berpeluang meninggal lebih awal karena serangan jantung.

Sistem Satu Data Untuk Vaksinasi Covid-19

Daging olahan

Potongan daging dingin dan daging yang diawetkan, seperti bacon dan sosis biasanya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sumber protein hewani memang baik untuk jantung, tetapi pilihan daging olahan rendah lemak juga cenderung sangat tinggi garam.

Memang, kalian bisa mendapatkan nutrisi ini dari daging sapi. Namun bukan daging sapi olahan, seperti sosis, kornet, atau daging asap. Sebab, menurut asosiasi kesehatan jantung di Amerika, Enam potong daging olahan saja bisa mengandung setengah kebutuhan garam harian.

Makanan manis

Lemak dicap sebagai makanan penyebab penyakit jantung terbesar. Makanan manis yang banyak lemak juga jadi penyebab obesitas, peradangan, kolesterol tinggi, diabetes, yang semuanya merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

Oleh karena itu, konsumsi makanan tinggi gula harus dihindari. Apalagi dikonsumsi terlalu sering. Contoh makanan tinggi gula yang menjadi pantangan untuk pasien penyakit jantung adalah manisan buah kering, permen, kue-kue manis, dan es krim.

Margarin dan mayonaise

Konsumsi mayonaise dan margarine terlalu sering dikhawatirkan memicu kenaikan kolesterol dan memperburuk penyakit kardiovaskular. Penggunaan keduanya harus dikurangi. Lebih baik memakai minyak zaitun untuk menggorang atau memanggang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom