Bisa Menular dari Kuda, Kenali Gejala Virus Hendra pada Manusia

Bisa menular dari kuda, sebaiknya kenali gejala virus Hendra pada manusia.

 Ilustrasi merawat kuda. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi merawat kuda. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bisa menular dari kuda, sebaiknya kenali gejala virus Hendra pada manusia. Inang alami virus telah diidentifikasi sebagai kelelawar buah dari Famili Pteropodidae, genus Pteropus.

Dikutip dari laman WHO, Kamis (19/5/2022), infeksi virus Hendra (HeV) adalah zoonosis (penyakit yang dapat ditularkan ke manusia dari hewan) yang jarang muncul yang menyebabkan penyakit parah dan seringkali fatal pada kuda dan manusia yang terinfeksi.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sebelum mengetahui gejala saat terinfeksi virus Hendra, kenali terlebih dulu asal muasal penyakit ini. HeV diidentifikasi selama wabah penyakit pertama yang tercatat di pinggiran kota Brisbane, Hendra, Australia, pada tahun 1994. Wabah tersebut melibatkan 21 kuda pacu yang dikandangkan dan dua kasus pada manusia. Pada Juli 2016, 53 insiden penyakit yang melibatkan lebih dari 70 kuda telah dilaporkan.

Baca Juga: Apa itu Virus Hendra? Ini Penjelasannya

Semua insiden ini hanya terjadi di pantai timur laut Australia. Sebanyak tujuh manusia telah tertular virus Hendra dari kuda yang terinfeksi, terutama melalui kontak dekat selama perawatan atau nekropsi kuda yang sakit atau mati.

Dikutip dari laman Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, Kamis, pada kuda, masa inkubasi virus Hendra diperkirakan 5-16 hari. Masa inkubasi pada percobaan terhadap kucing yang terinfeksi adalah 4-8 hari. Pada kuda muncul gejala klinis yang ditunjukkan oleh dua sindrom yaitu, ditandai oleh penyakit pernapasan dan kelainan saraf. Sebagian besar kasus yang diketahui bersifat parah dan akut, serta menimbulkan kematian dalam beberapa hari. Namun, juga dilaporkan kasus ringan pada kuda hingga penyembuhan.

Baca Juga: Virus Hendra Berpotensi Merebak di Indonesia? Ini Penjelasannya

Pada manusia gejala terserang virus Hendra akan muncul 5-12 hari setelah terinfeksi. Gejala yang muncul seperti influensa dan encephalitis. Selain itu juga pernah dilaporkan gejala klinis yang muncul pada manusia berupa demam, myalgia, dan gangguan pernapasan. Orang terinfeksi karena kontak dengan kuda terinfeksi dapat sembuh sebelum penyakit berkembang sampai muncul gejala encephalitis yang bersifat fatal.

Pencegahan masuknya wabah virus Hendra ke Indonesia telah dilakukan dengan pelarangan importasi kuda dan produk turunannya dari daerah endemis yaitu Australia. Selain itu, budaya mengkonsumsi kelelawarpun harus dihilangkan karena dari hasil penelitian ditemukan kelelawar yang positif secara serologis terhadap infeksi virus Hendra.

Baca Juga: Pemanasan Global Meningkatkan Risiko Penularan Virus Lintas Spesies

Perawatan suportif intensif disediakan, dan penggunaan antibodi monoklonal sedang diselidiki. Ada vaksin hewan Hendra yang terdaftar dan vaksinasi diakui sebagai cara yang efektif untuk mengurangi risiko kuda terinfeksi dan untuk mengurangi kemungkinan terpajan pada manusia.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiga Manfaat Penggunaan PLTS Atap di Sektor Bisnis

+ PLUS Tiga Manfaat Penggunaan PLTS Atap di Sektor Bisnis

Ketika suatu entitas bisnis menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap—sebagai salah satu energi terbarukan—pada bisnisnya terdapat tiga manfaat sekaligus yang diperoleh.

Berita Terkini

Mengulas Badal Haji Seperti yang Dilakukan Ridwan Kamil untuk Eril

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum lam ini berujar akan melakukan ibadah haji untuk mendiang anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Bikin Kaget, Ini Arti Mimpi Terjatuh dari Ketinggian

Ketahui arti mimpi terjatuh dari ketinggian.

ACT Dibahas Warganet di Twitter, Begini Sejarah Aksi Cepat Tanggap

Menjadi bahasan warganet sehingga trending topic di Twitter, berikut ini sejarah Aksi Cepat Tanggap.

Tagar Aksi Cepat Tilep Jadi Trending Topic di Twitter

Tagar Aksi Cepat Tilep itu jadi trending topic di Twitter lantaran warganet membahas kasus ACT.

Hukum Akikah dan Kurban di Hari Raya Iduladha, Boleh Digabung?

Di bawah ini terdapat hukum akikah dan kurban saat Hari Raya Iduladha, apakah diperbolehkan untuk digabung?

Perbedaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, 2 Puasa Sunah Jelang Iduladha

Di bawah ini terdapat perbedaan puasa Arafah dan puasa Tarwiyah, dua puasa sunah yang sama-sama dilakukan menjelang Hari Raya Iduladha.

Kapan Puasa Arafah 2022? Cek Jadwal dan Bacaan Niatnya Menurut NU

Hari Raya Iduladha 2022 terjadi perbedaan di Indonesia dan Arab Saudi, lalu kapan puasa Arafah? Berikut ini jadwalnya menurut Nahdlatul Ulama (NU online).

Kenali Tanda Janin Tidak Berkembang Seperti Dialami Annisa Pohan

Meski janin tidak berkembang dalam rahim, wanita yang mengalami blighted ovum akan merasakan tanda-tanda kehamilan umumnya. 

Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Kapan Puasa Arafah 2022?

Hari Raya Iduladha 2022 jatuh pada hari berbeda antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Terus kapan puasa Arafah bisa dilakukan?

Sering Menatap Layar Gadget? Waspadai Computer Vision Syndrome

Kelelahan mata karena terlalu lama menatap monitor gadget bisa menyebabkan computer vision syndrome. Kasus ini sering dikeluhkan pasien-pasien di Rumah Sakit Mata Solo.

Niat Puasa Arafah Menjelang Iduladha, Lengkap dengan Latinnya

Berikut ini terdapat bacaan niat puasa sunah Arafah yang dilakukan sehari menjelang Hari Raya Iduladha, menurut penjelasan Nahdlatul Ulama (NU online).

Begini Cara Membuat Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Dewa 19

Begini cara membuat bawang hitam sendiri di rumah hanya dengan menggunakan rice cooker.

Apa Itu Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Personel Dewa 19?

Ahmad Dhani membeberkan tips jaga stamina saat melakoni tur 30 kota adalah dengan makan bawang hitam, makanan apa itu?

Cerpen Orang-Orang Pabrik

Sepekan sekali seorang gadis mendatangi pabrik sambil membawa setangkai mawar. Orang-orang pabrik mencurigainya sebagai orang jahat, hingga sebuah rahasia kelam akhirnya terungkap.

Perhatikan Tips Ini Agar Daging Kurban Bebas PMK

Berikut ini tips agar daging kurban bebas PMK dan tidak menjadi media persebaran penyakit ini.

Perlu Tahu, Ini 3 Golongan Penerima Daging Kurban Saat Iduladha

Menyembelih dan membagikan hewan kurban pada hari raya Iduladha merupakan ibadah sunnah bagi muslim yang mampu.