SOLOPOS.COM - Seorang pemancing, Dino Ferrari, menemukan lele raksasa. Dia berhasil menangkap lele dengan panjang 2,67 meter dan berat 127 kilogram. (News.com.au)

Solopos.com, SOLO – Ikan lele atau catfish berukuran jumbo pernah ditemukan di sejumlah perairan di berbagai negara.

Belum lama ini seorang peternak lele di RT 018, Dukuh Dlisen, Desa Kadipiro, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Sumanto Al Fariz, dikabarkan punya koleksi dua ekor ikan lele besar di rumahnya. Lele jenis dumbo milik Fariz itu disebut-sebut yang terbesar di Desa Kadipiro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lele yang telah dipelihara selama delapan tahun tersebut memiliki berat sampai 15 kg. Panjang badannya sampai 50 cm dengan diameter kepala mencapai 20 cm. Jenis kelamin keduanya betina. Lele itu semula merupakan lele indukan yang dipelihara sejak masih kecil.

Kepala Desa Kadipiro, Ibnu Indratmoko, yang juga peternak lele sampai datang ke rumah Fariz untuk memastikan lele berukuran jumbo itu. Ibnu meminta peternak lele setempat, Supriyanto, untuk menjaring di kolam yang terletak di samping rumah Fariz. Ternyata benar, dua ekor indukan lele berukuran besar itu masih dipelihara Fariz.

Baca Juga: Lele Dumbo 15 Kg ini Disebut yang Terbesar se-Kadipiro Sragen

Pada umumnya ikan lele hanya tumbuh dengan rata-rata bobot sekitar 100 gram – 200 gram untuk ukuran tubuh lele biasa dan untuk lele dumbo dapat mencapai bobot 1 kg– 2 kg.

Ikan lele merupakan jenis ikan air yang dapat tumbuh dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Bahkan di berbagai belahan dunia ikan lele yang ditemukan memiliki ukuran panjang yang dapat melebihi dari ukuran fisik orang dewasa hlo.

Lele-lele berukuran besar layaknya monster ikan, dapat juga ditemukan pada wilayah perairan seperti sungai- sungai terpanjang dan terbesar di dunia.

Berikut sejumlah temuan ikan lele raksasa di sejumlah negara seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/11/2021):

Baca Juga: Krisis Pilot-Pramugari, American Airlines Batalkan 2.300 Penerbangan

1. Lele 127 Kg di Sungai Po, Italia

Seorang pemancing, Dino Ferrari, menemukan lele raksasa. Dia berhasil menangkap lele dengan panjang 2,67 meter dan berat 127 kilogram. Seperti dilansir Bisnis dari News.com.au, Senin (23/2/2015), Dino saat itu memancing di daerah Po Delta, Kamis (19/2/2015).

Dia sengaja mengaitkan kail yang besar. Tanpa disangka, dia mendapatkan lele raksasa. Dino Ferrari terkenal sebagai penangkap ikan besar.

Hasil tangkapannya itu kemudian didokumentasikan dan diunggah ke Facebook. Lele memang makan apapun yang bisa ditangkap dan masuk ke mulut mereka sehingga ikan jenis itu bisa tumbuh sampai empat meter dengan berat 400 kilogram. Namun, lele dengan panjang dan berat seperti itu sangat sulit didapati.

2. Monster Lele 293 Kg di Sungai Mekong

Ikan lele raksasa pernah ditemukan beberapa nelayan di Sungai Mekong, Thailand. Laman National Geographic menyebut bahwa ukuran terbesar yang dicatat oleh Guinness Book of Records adalah hampir 3 meter dan bobot sekitar 293 kilogram!

Hal itu tidak mengherankan karena ikan endemik Sungai Mekong ini punya tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi. Mereka bisa mencapai berat 200 kg hanya dalam 6 tahun. Gak heran jika penduduk setempat menyebut ikan ini sebagai Pla Buk, yang secara harfiah berarti ikan besar.

Baca Juga: China Larang Pembangunan Gedung Pencakar Langit, Ini Alasannya

3. Goonch catfish di India

Goonch jenis ikan lele yang hidup di Sungai Kali, India. Lele jenis ini merupakan lele yang berbahaya karena memiliki gigi-gigi yang tajam

Ikan ini dianggap sebagai ikan lele paling berbahaya. Panjangnya jauh dari ukuran normal. Di India, seekor goonch bisa memiliki panjang 1,8 meter dan berbobot 75,5 kilogram. Goonch catfish ini pernah berhasil ditangkap dan diabadikan oleh penangkapnya.

4. Flathead Catfish di Amerika

Flathead Catfish merupakan jenis ikan lele yang menyebar di Amerika Utara khususnya di North Dakota dan Arizona. Lele tersebut memiliki panjang 1,5 m dengan berat mnecapai 75 kg.

5. Vundu Seberat 55 Kg

disebut sebagai spesies ikan lele yang hidup di wilayah perairan Kongo, Zimbabwe, Zumbia, Tanzania dan Uganda. Lele jenis ini memiliki panjang yang dapat mencapai 1,5 meter dengan berat mencapai 55 kg.

Baca Juga: Ingatkan Bencana Perubahan Iklim, Sekjen PBB: Lingkungan Bukan Toilet!

6. Jau Catfish di Amazon

Jau Catfish merupakan ikan yang hidup meyebar di wilayah Sungai Oronoco dan Amazon di Amerika Serikat. Jenis ikan lele tersebut memiliki panjang 1,4 meter dengan berat 60 kg.

7. Blue Catfish di Amerika Serikat

Blue Catfish juga termasuk jenis ikan lele terbesar yang pernah ditemukan di kawasan Amerika Serikat tepatnya di Sungai Mississippi, Amerika Serikat dengan panjang mencapai 1,6 meter dan berat 70 kg.

8. Wels Catfish di Eropa

Wels Catfish adalah ikan lele yang hidup di wilayah Eropa Tengah dan Timur dengan panjang mencapai 2,2 meter dan berat 180 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya