Timnas Chile (Reuters-Henry Romero)

Solopos.com, SAO PAULO — Dua gol yang digagalkan video assistant referee (VAR), 10 percobaan, serta penguasaan bola hingga 58% mewarnai performa Chile saat menghadapi Kolombia di perempatfinal Copa America 2019, Sabtu (29/6/2019) pagi WIB. Ya, Arturo Vidal dkk. memang tampil impresif melawan Kolombia yang selalu meraih kemenangan di fase grup.

Namun keberuntungan seperti enggan menyapa La Roja sampai laga diteruskan ke adu penalti, setelah kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal. Dewi Fortuna baru mulai menampakkan diri saat tembakan penendang kelima Kolombia, William Tesillo, melebar dari sasaran.

Alexis Sanchez yang menjadi penendang penentu dari Chile tak menyia-nyiakan kesempatan dengan menjebol gawang Los Cafeteros yang dijaga David Ospina. La Roja pun lolos dengan skor 5-4 dalam adu penalti di Arena Corinthians.

“Tim percaya diri ketika harus adu penalti, kami sudah memenangi dua final lewat adu penalti. Jadi itu memberikan kami energi,” ujar gelandang Chile, Charles Aranguiz, seperti dilansir Reuters, Sabtu.

Seperti diketahui, Chile memenangi dua Copa America terakhir pada tahun 2015 dan 2016 lewat adu penalti melawan Argentina. Kelolosan Chile ke semifinal pun menjaga asa mereka meraih hattrick gelar dalam kejuaraan sepak bola paling bergengsi di Amerika Latin itu.

Pelatih Kolombia, Carlos Queiroz, mengklaim timnya hanya kurang beruntung setelah tersingkir lewat babak tos-tosan. “Adu penalti lebih pada campur tangan Tuhan ketimbang pemain, selamanya akan seperti itu,” kilah Queiroz dilansir Al Jazeera.

Chile sejatinya tampil kurang prima jelang lawan Los Cafeteros karena harus melalui perjalanan hampir dua jam menuju stadion yang berada di kawasan suburban Sao Paulo. Penggawa La Roja bahkan sempat terjebak kemacetan kota yang membuat kick off dimundurkan 20 menit.

Namun Chile faktanya tetap mampu menjaga fokus untuk lolos ke empat besar. Di semifinal, La Roja akan bertemu Peru yang mampu mengalahkan Uruguay. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten