Tutup Iklan

Bisa Ditumpangi 8 Orang, Segini Tarif Naik Mobil Listrik Wisata Solo

Dinas Perhubungan Kota Solo telah menetapkan tarif naik mobil listrik wisata bergaya ala taksi kuno yang segera beroperasi melayani wisatawan.

 Dato Sri Tahir didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal mobil listrik wisata di Jl Jenderal Sudirman, Solo, Jumat (15/10/2021). (Solopos/Mariyana Ricky PD)

SOLOPOS.COM - Dato Sri Tahir didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal mobil listrik wisata di Jl Jenderal Sudirman, Solo, Jumat (15/10/2021). (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Mobil listrik bantuan dari Tahir Foundation yang segera beroperasi sebagai kendaraan wisata di Kota Solo bisa ditumpang hingga delapan orang.

Sedangkan tarif untuk naik mobil tersebut keliling tempat wisata di dalam Kota Solo itu akan digratiskan selama uji coba. Selanjutnya, Pemkot mematok tarif Rp20.000 per orang.

Hingga saat ini belum ada kepastian tanggal mulai beroperasinya delapan unit mobil listrik tersebut. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih mencari lokasi parkir atau stasiun tunggu penumpang untuk kendaraan buatan China itu.

Baca Juga: Dishub Solo Belum Dapat Nama untuk Mobil Listrik Wisata, Punya Usul?

Spot tersebut mesti dilengkapi jaringan listrik untuk isi ulang (charge) daya mobil listrik untuk wisata Kota Solo itu agar jangan sampai kehabisan dan mogok di tengah jalan. Selain itu, Pemkot juga belum menemukan nama yang pas untuk mobil berbentuk taksi kuno tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, kepada wartawan, Jumat (17/10/2021) menyampaikan tarif naik mobil listrik tersebut dipatok Rp20.000 per orang. Setiap kendaraan bisa ditumpangi delapan orang.

Dishub hingga saat ini masih terus mematangkan penjualan tiket mobil listrik tersebut, salah satunya bekerja sama dengan hotel maupun Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita).

Baca Juga: Setahun Ngandang, Sepur Kluthuk Jaladara Kembali Beroperasi di Solo

Pemesanan Tiket

Sejumlah destinasi wisata tujuan juga disiapkan agar mobil listrik itu tak sekadar mengaspal keliling kota, tapi punya tujuan. “Kami juga menyiapkan destinasi wisata malam hari. Tapi kami lihat dulu animonya saat siang hari,” ungkapnya.

Pelayanan penjualan tiket mobil listrik wisata Kota Solo itu nantinya sama dengan kendaraan wisata lain seperti bus tingkat dan sepur kluthuk. Tiket bisa dipesan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo baik secara online maupun datang langsung.

Baca Juga: Mobil Listrik Klasik untuk Wisata Solo Segera Beroperasi, Ini Rutenya

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan tarif naik mobil listrik gratis selama masa uji coba. Namun ia belum bisa memastikan kapan uji coba itu akan dimulai karena masih menunggu pelat kendaraan itu keluar.

Namun yang jelas, Gibran mengatakan wisata kampung menjadi prioritas destinasi yang akan dilewati kendaraan listrik itu. “Yang jelas kami lihat animo masyarakat. Awalnya gratis dulu. Saat ini ada delapan unit, ramah lingkungan dan bentuknya ikonik. Nanti bundling wisata dengan bus tingkat, sepur kluthuk, dan lainnya,” tutur Gibran.


Berita Terkait

Berita Terkini

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).

PPKM Level 3 di Boyolali Jelang Nataru, Tempat Wisata Wajib Taat Prokes

Pemkab Boyolali akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Kira-kira mana yang lebih mahal antara harga tanah di Gentan, Baki, Sukoharjo dengan Colomadu di Karanganyar?

ANBK SD 2021 di Solo Kelar, Begini Evaluasi dari Proktor

Masih adanya 8 SD di Solo yang menumpang pelaksanaan ANBK ke SMP karena keterbatasan prasarana, menjadi perhatian Proktor ANKB SD.

Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Hadap ke Selatan, Ini Kata Kades

Ada budaya unik terkait posisi rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.