SOLOPOS.COM - Bekal mobil F1 ini bakal dilelang. (istimewa)

Lola F1 melelang F1R yang pernah dipakai kualifikasi Grand Prix Australia di Melbourne pada 1997.

Solopos.com, LONDON – Produsen mobil-mobil Formula 1, Lola F1, kabarnya bakal segera melelang mobil bernama F1R. Mobil ini telah diproduksi pada 1996 dan bisa dipakai di jalan raya.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Dilansir Dailymail, Rabu (23/11/2016), Mobil ini sudah diubah sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat untuk digunakan di jalan umum. Tim Lola F1 memang tidak begitu dikenal di arena grand prix. Hal ini lantaran keikutsertaannya di ajang F1 1997 sangat pendek. Bahkan terpendek dalam sejarah penyelenggaraan F1.

F1R gagal melanjutkan balap setelah telat 11 detik dalam kualifikasi Grand Prix Australia di Melbourne pada 1997. Lalu, tim MasterCard Lola mengundurkan diri di seri GP Brasil karena kekurangan dana.

Setelah itu, tim Lola tidak pernah lagi ikut dalam ajang F1. Sehingga kondisi F1R yang akan dilelang nanti masih benar-benar fresh karena jarang sekali digunakan balap. Sasisnya pun masih orisinal seperti digunakan di GP Australia.

Namun, mesin F1R yakni berkapasitas 3 liter, V8, sesuai dengan regulasi gelaran F1 di tahun 1990-an telah diganti dengan 2 liter turbocharged Crosworth yang mampu memproduksi tenaga 370 bhp. Mesin yang sama seperti digunakan Sierra dan Escort RS Crosworth.

Odometer mobil ini masih menunjukkan 40 kilometer sejak mendapatkan izin resmi untuk digunakan di jalanan Inggris pada 2009. Selebihnya, kendaraan ini lebih banyak diparkir.

F1R akan dilelang oleh Bonhams pada Desember 2016 dan ditaksir akan terjual dengan harga hingga 85.000 poundsterling atau sekira Rp1,4 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya