SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengusaha (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Kesuksesan digapai dengan cara yang tidak instan dan membutuhkan waktu. Namun, kesuksesan dapat muncul lebih cepat bila kalian bisa memulai melakoni sejumlah kebiasaan baik sejak dini.

Dirangkum dari Liputan6.com, Selasa (20/10/2020) berikut tips dari beberapa ahli dan kumpulan studi yang bisa membuat seseorang bisa jauh lebih sukses dengan tingkat produktivitas jadwalnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Long Weekend Makin Seru Di Batu Night Spectacular Jatim Park 3

Ekspedisi Mudik 2024

1. Bangun lebih pagi

Penulis buku What Most Succesfull People Do Before Breakfast, Laura Vanderkam menggelar studi terhadap banyak tokoh sukses. Laura menemukan, orang yang sukses mempunyai tendensi untuk bangun lebih pagi dari biasanya.

Ia pun menyimpulkan, bangun jauh lebih pagi dari biasanya, dapat membantu seseorang mengumpulkan energi dan pikiran jauh lebih baik. Sebab, biasanya pada waktu tersebut belum banyak kegiatan dan hingar-bingar yang terjadi. Alhasil, seseorang bisa membuat tujuan hari-harinya dengan jauh lebih jernih.

2. Kerjakan sesuatu yang penting, tanpa ada gangguan

Banyak orang pada pagi hari biasanya mengecek email atau menggelar meeting dengan tim kerjanya. Roy Baumister yang merupakan ahli dalam soal efektivitas, menyatakan otak manusia bekerja paling kencang di jangka waktu 2-4 jam setelah bangun tidur. Sehingga, jika ingin sukses, cobalah untuk melakukan pekerjaan yang dianggap jauh lebih penting ataupun sulit pada pagi hari.

3. Review kegiatan saat mulai merasa lelah

Beristirahat dan membuat ulasan terhadap pencapaian diri sehari-hari dipercayai bisa menjernihkan kepenatan pikiran dan tenaga, baik secara fisik maupun mental. Sebuah penelitian dari Harvard menyatakan, mengetahui perkembangan tahap, tujuan, dan hasil sangat memotivasi seseorang untuk bergerak atau bekerja kembali sampai waktu istirahat.

Hari Osteoporosis Sedunia, Ini 6 Cara Hindari Tulang Keropos

4. Meeting saat siang hari

Saat energi sedang tinggi, sebaiknya porsi tersebut diberikan kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat kreatif. Scott Adams, yang merupakan kreator dari "Gilbert" membuat tulisan atau gambar komiknya pada pagi hari. Sedangkan pada siang hari, ia memfokuskan diri kepada ide kreatif untuk kelanjutan ceritanya.

5. Rileks pada sore hari

Walaupun banyak orang sukses, bekerja seharian, kebanyakan dari mereka menggunakan sore hari sebagai waktu istirahat. Tim Ferris yang merupakan seorang entrepreneur serta investor di Amerika, menyatakan dirinya menggunakan waktu sore hari untuk mencatat, tujuan-tujuan yang ingin dicapainya jangka pendek maupun panjang.

Penelitian dari American Psychological Association, menyebutkan kegiatan rileksasi paling efektif contohnya adalah seperti berjalan santai sore, mengobrol dengan teman atau keluarga. Serta, berolahraga, kegiatan spiritual ataupun mendengarkan musik. Sedangkan, kegiatan seperti berjudi, merokok, minum-minuman beralkohol, bermain video game dan menonton streaming hingga berjam-jam dianggap tidak efektif untuk rileksasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya