SOLOPOS.COM - Bazar thrift bertajuk Lebaran Gembira #2 digelar di Sarkara Hall De Tjolomadoe. Bazar tersebut digelar pada 21-24 April 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Membuka usaha bisa dilakukan dengan modal relatif kecil, semisal Rp300.000. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang didukung makin murahnya layanan Internet, membuka usaha kini semakin gampang.

Dengan dukungan Internet, pebisnis dapat meningkatkan penjualan melalui beragam promosi online yang menarik ke masyarakat luas tanpa batas jarak dan waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Membuka usaha dengan modal Rp300.000 bisa dibangun sesuai dengan minat dan kemauan. Selain itu, dalam memulai usaha juga diperlukan keuletan dan kreativitas agar bisnis yang dibangun tetap survive dan berjalan lancar.

Berikut sejumlah peluang usaha 2022 dengan modal kecil senilai Rp300.000 yang bisa dicoba seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2022):

Baca Juga: Peluang Usaha Menjanjikan, Begini Cara Jadi Mitra PLN Membuka SPKLU

1. Usaha Dropshipper

Dikutip dari berbagai sumber dropshipper merupakan teknik pemasaran online bekerjasama dengan pihak distributor (supplier) yang memungkinkan kita untuk menjual tanpa membeli ataupun membuat stok barang tersebut.

Barang akan langsung dikirimkan dari distributor ke konsumen, dropshipper hanya sebagai pihak ketiga. Modal kecil yang diperlukan sebagai dropship hanya berupa pulsa, kuota internet, handphone, ataupun laptop.

Keuntungan yang didapatkan juga bervariasi, hal ini dikarenakan dropship bebas memasang harga kepada konsumen meskipun memiliki selisih yang banyak dari pihak distributor.

2. Usaha Thrift Shop

Belakangan ini thrift shop menjadi tren tersendiri bagi kalangan pecinta fashion murah. Sejalan dengan itu usaha dalam bidang thrift shop memiliki peluang yang cukup besar dengan modal yang sedikit, bahkan dengan modal Rp300.000 bisa dijalankan. Ada banyak supplier yang menyediakan barang-barang thrift seperti pakaian atau tas.

Bisnis ini juga bisa dilakukan secara online melalui marketplace tertentu ataupun dengan membuka toko di pasar dan tempat umum. Keuntungan yang didapatkan dari thrift shop cukup fleksibel karena tergantung dari harga yang dipasang di setiap barang.

Baca Juga: Menangkap Peluang Usaha Penginapan di Rest Area Tol

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan program yang ditawarkan dari marketplace tertentu, dimana affiliate melakukan promosi barang secara online melalui media sosial ataupun Internet.

Keuntungan berupa bayaran akan dihitung melalui kunjungan konsumen dari link yang sudah dibagikan, semakin banyak angka kunjungan didapatkan maka bonus juga semakin besar. Affiliate marketing tidak memerlukan modal kecuali kuota Internet dan bisa dilakukan di mana saja tanpa batasan ruang dan waktu.

3. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan atau camilan tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Dari mulai pelajar dan pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Dengan modal Rp300.000 usaha sudah bisa dijalankan untuk membeli bahan baku, plastik pembungkus sebagai modal awal.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya