SOLOPOS.COM - Ilustrasi membobol IOS 10. (Technobuffalo.com)

Siapapun yang berhasil membobol IOS 10 di Iphone akan diberi hadiah.

Solopos.com, KALIFORNIA  – Perusahaan sekuriti maya (cybersecurity) Zerodium mengadakan sayembara membobol keamanan pada sistem operasi (OS) terbaru IOS 10 besutan Apple untuk Iphone dan sejumlah perangkat lain dari jarak jauh.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Dikutip Solopos.com dari laman Wired, Selasa (4/10/2016), Zerodium menyiapkan hadiah sebesar US$1,5 juta atau sekitar Rp19,48 miliar. Angka tersebut US$500.000 lebih tinggi dari yang mereka tawarkan untuk pembobolan keamanan IOS 9 tahun lalu.

Menariknya lagi, Apple dalam waktu hampir bersamaan juga menggelar sayembara serupa. Namun Apple membatasi jumlah peretas (hacker) yang berpartisipasi. Selain itu hadiah yang ditawarkanApple  juga lebih kecil, yakni US$200.000 atau Rp2,5 miliar.

“Kami menaikkan hadianya karena IOS 10 memang membawa keamanan lebih baik dari sebelumnya. Jika sayembara Apple hanya dua bulan dan terbatas, milik kami berlangsung selama setahun penuh, terbuka untuk semua kalangan, dan tidak ada batasan jumlah peserta,” ungkap Chaouki Bekrar, CEO Zerodium.

Selain untuk IOS, Zerodium juga pernah mengadakan sayembara pembobolan sistem keamanan untuk Android 6.0 Marsmallow dan Android 7.0 Nougat. Mereka menawarkan hadiah US$200.000 bagi hacker yang sanggup meretas OS besutan Google itu.

Tidak diketahui jelas motivasi Zerodium dalam mengadakan sayembara pembobolan OS terbaru itu. Namun rumor yang beredar mengatakan badan keamanan seperti FBI bersedia membayar mahal untuk mengetahui celah keamanan IOS dan Android.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya