Bisa Bikin Sehat, Ini Tips Mencuci Sepeda Motor yang Benar
Ilustrasi mencuci sepeda motor yang benar. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kegiatan mencuci sepeda motor selama bekerja dari rumah bisa bikin sehat asal dilakukan dengan tips yang benar. Sebab, mencuci motor selama 15-20 menit termasuk sebagai aktivitas ringan agar tubuh berkeringat dan tetap flesibel.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah (Jateng), Oke Desiyanto, kepada Solopos.com membagikan tips mencuci sepeda motor yang benar agar tetap produktif dan sehat di rumah.

40.000 Keluarga Miskin di Solo Bakal Terima Bantuan Rp250.000/KK Selama KLB

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana yakni sampo khusus motor atau sampo rambut, sabun penghilang lemak, lap berukuran kecil, sikat gigi bekas, dan selang untuk mengalirkan air.

Menurut Oke, begini tips mencuci sepeda motor yang benar. Mula-mula pastikan motor di tempat yang stabil dan tidak licin. Pastikan pula tempatnya nyaman untuk mencuci motor.

Seperempat Jumlah Keluarga Boyolali Akses Sensus Penduduk Online

“Hindari lokasi mencuci di bawah terik matahari. Sebab, sepeda motor rentan muncul spot bekas air yang mengering akibat panas matahari. Panas itu mempercepat proses kering air sehingga meninggalkan sisa mineral dipermukaan,” kata Oke, sebagaimana rilis kepada Solopos.com, Selasa (31/3/2020).

Dimulai dari Bawah

Berikutnya, mencuci motor sebaiknya dimulai dari bagian bawah yakni ban, velg, tromol, dan spatbor luar dalam serta bagian luar cover mesin.

Lowker BTPN Syariah

Basahi dulu permukaannya dan hilangkan kotoran dengan sikat. Kemudian bilas. Selanjutnya, menuntaskan noda dan lemak hingga bersih menggunakan sabun.

Setelah itu, pindah ke bagian atas dengan membasahi pakai air terlebih dahulu. Hal ini untuk melunakkan noda yang menempel sehingga mudah menghilangkannya.

Selamat! Mesut Ozil Dikaruniai Putri

“Pastikan tidak ada kotoran menempel untuk menghindari baret saat dicuci lap mengandung sabun,” imbuh Oke.

Oke melanjutkan larutkan sampo ke dalam ember untuk membersihkan modi motor. Pakai lap berukuran kecil untuk mengambil larutan itu lalu mengusapkannya ke bodi motor.

Lowker Solo, CV Anugerah

Pastikan seluruh bagian atas sepeda motor terlapisi larutan sampo. Kemudian, segeralah bilas menggunakan air mengalir sampai tidak ada busa yang tertinggal.

“Setelah selesai membilas, segeralah mengeringkan bagian bodi motor dengan lap lembut yang menyerap air. Hal ini dilakukan untuk menghindari muncul spot air di permukaan bodi motor,” ujar Oke.

1 Pasien Corona Sembuh, Jekek Pastikan Wonogiri Nihil Kasus Positif

Sebelum mengakhiri mencuci motor, pastikan tidak ada sisa air mencuci yang masih terjebak di sepeda motor dengan memiringkan motor ke kiri dan kenan secukupnya.

“Hindari mencuci, membilas atau menyemprot bagian dalam mesin, yang terdapat terminal kelistrikan, apalagi ECU, CDI atau Accu (aki). Kenali posisi komponen tersebut sebelum mencuci. Jika ingin terlihat bersih silahkan diusap dengan menggunakan lap sedikit basah hingga bersih,” pesan Oke.

Usir Bosan #dirumahaja dengan Aktivitas Menyehatkan Ini!

Manfaat Mencuci Motor

Menurut Oke, aktivitas mencuci motor memberikan banyak manfaat. Selain menjaga kebersihan kendaraan, mencuci motor selama 15-20 menit termasuk sebagai pergerakan ringan untuk menjaga tubuh tetap fleksibel dan berkeringat.

“Tangan dan kaki bergerak, ada juga gerakan jongkok dan berdiri yang dilakukan oleh bikers sebagai upaya untuk tetap produktif meskipun berada di dalam rumah,” ujar Oke.

Volume Sampah Tembus 130 Ton/Hari, TPA Sukoharjo Perlu Diperluas

Tak hanya itu, dengan mencuci motor sendiri, bikers bisa semakin mengenal tunggangannya. Selain untuk perawatan, bikers mengenali kerusakan seperti karat atau kebocoran oli secara lebih dini.

“Mencuci motor adalah salah satu tips #Cari_Aman dalam rangka pencegahan hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan. Selain sebagai langkah preventif, mencuci motor saat berdiam diri di rumah dapat menghilangkan kebosanan,” pungkas Oke.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom