Bisa Bikin Mengantuk, Hindari Makanan Ini Sebelum Berkendara
Ilustrasi mengantuk. (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Bukan hanya karena stres atau lelah, sejumlah makanan ternyata bisa bikin mengantuk sehingga sebaiknya dihindari sebelum berkendara.

Memang, mengantuk saat jam-jam tertentu di luar jam tidur merupakan hal lumrah, namun bagaimana jadinya kalau mengantuk saat berkendara? Mungkin Anda berasumsi hal tersebut didasari karena kelelahan, padahal penyebabnya banyak sekali loh bukan hanya karena lelah atau stres.

Bisa jadi sebelum berkendara, Anda mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan rileks dan menyebabkan Anda mengantuk. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat menyebabkan Anda cepat mengantuk seperti melansir dari Menshealth.com, Kamis (26/3/2020) berikut ini:

Oatmeal

Makanan yang terbuat dari gandum utuh ini terbukti dapat membuat Anda cepat mengantuk. Mengonsumsi oatmeal dapat memicu produksi insulin pada tubuh dan juga meningkatkan kadar gula Anda. Tidak hanya itu, oatmeal juga mengandung melatonin yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih tenang.

Makanya, enggak heran kalau memakan oatmeal Anda akan lebih cepat mengantuk. Jadi jika Anda ingin berkendara lebih baik hindari makan oatmeal.

Jangan Suka Memanasi Ulang Sisa Makanan, Ini Dampak Negatifnya

Roti Gandum

Roti gandum (Boldsky)
Roti gandum (Boldsky)

Ternyata roti gandum yang Anda makan di pagi hari dapat membuat kadar gula naik. Makanya enggak heran kalau Anda menjadi lebih aktif dan energik. Akan tetapi, kandungan glukosa pada roti gandum juga cepat sekali menurun. Sehingga, bisa membuat Anda lebih cepat mengantuk juga. Jadi, makan roti gandum seperlunya saja ya.

Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung tryptophan yang dapat menghasilkan sendiri melatonin (hormon yang membuat Anda merasa mengantuk). Menurut Penulis buku The Sleep Solution, Christopher Winter, M.D. mengatakan makanan kacang kenari akan membuat proses mengantuk Anda semakin cepat.

“Biasanya, pada malam hari tubuh akan memproduksi melatonin yang menyebabkan manusia bisa ngantuk, Jadi makan kenari yang mengandung melatonin dapat mempercepat waktu kantuk Anda,” terangnya.

Ikan Berminyak

Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ikan yang dagingnya mengandung banyak minyak seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, ikan teri, dan lain sebagainya juga berisiko membuat Anda merasa mengantuk. Walaupun ikan berminyak mengandung vitamin A dan D yang baik bagi tubuh Anda, ikan tersebut juga mengandung asam yang bisa meningkatkan produksi melatonin.

Produksi asam tersebut mampu mengurangi hormon darah dan stres yang menyebabkan Anda lebih rileks. Makanya banyak orang yang mudah mengantuk setelah memakan ikan berminyak.

Pemkab Beri Subsidi Rp4 Miliar Untuk Diskon 50% Tagihan PDAM Karanganyar

Susu

Ilustrasi susu (Bbcgoodfood.com)
Ilustrasi susu (Bbcgoodfood.com)

Susu kemasan maupun produk yang mengandung susu seperti keju dan yogurt dipercaya mampu membuat Anda mengantuk dalam hitungan jam. Jika Anda mengonsumsi produk yang mengandung susu, maka tidur akan menjadi lebih nyenyak. Produk yang mengandung susu memang bisa membuat Anda menjadi rileks dan mengurangi stres. Makanya enggak heran, kalau banyak orangtua yang menyuruh anaknya mengonsumsi susu sebelum tidur.

Nasi putih

Ilustrasi nasi. (Freepik)
Ilustrasi nasi. (Freepik)

Apa yang Anda rasakan jika memakan nasi dalam jumlah yang besar? Pasti merasa mengantuk bukan? Tahukah Anda nasi putih ternyata mengandung indeks glikemik (peningkatan gula darah akibat karbohidrat) yang begitu tinggi. Para peneliti mengatakan kalau kandungan indek glikemik itulah penyebab Anda lebih mudah mengantuk.

Buah ceri

Sama seperti kacang kenari, buah ceri juga mengandung melatonin yang cukup tinggi, buah ceri yang dimaksud adalah buah ceri berjenis Montmorency atau ceri yang biasanya ada pada kue tart. Sebuah penelitian di European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang makan satu ons jus ceri tersebut di pagi hari dan sebelum tidur mendapat tambahan 40 menit tidur dibandingkan orang yang tidak tidur. Oleh sebab itu, makan ceri sebelum tidur mungkin bisa membantu kalian yang menderita insomnia.

Pisang

Buah pisang (Pictagram)
Buah pisang (Pictagram)

Selain buah ceri, ternyata pisang juga dapat membuat Anda cepat mengantuk loh, tak tanggung-tanggung ada dua senyawa dalam buah pisang yang terbukti dapat membuat Anda lebih santai dan rileks, yaitu triptofan dan melatonin. Buah pisang mengandung vitamin B6 yang mampu merubah zat triptofan pada tubuh menjadi serotonin yang dapat membuat Anda cepat mengantuk. Selain itu, dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa melatonin bertambah dua kali lipat dalam gula darah setelah mengonsumsi buah pisang.

Kacang Almond

Kacang Almond (kaskus.co.id)

Percaya atau tidak kalau almond dapat membuat irama jantung Anda lebih stabil? Kacang almond mengandung triptofan dan magnesium yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan perlahan-lahan akan membuat Anda cepat mengantuk.

Buah Kiwi

(Thinkstock)

Tidak hanya ceri dan pisang saja, ternyata kiwi juga dapat membuat Anda cepat mengantuk dan menjadi tidak fokus menyetir. Melansir dari Detik.com, menurut laporan Universitas Medis Taipei di Taiwan, buah kiwi sarat dengan vitamin C dan E, serotonin, folat, yang semuanya dapat menyebabkan efek kantuk yang luar biasa jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho