SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan tunai langsung. Ada beberapa langkah mendaftar BLT BBM bila ingin mengajukan sendiri. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) mulai 1 September 2022 lalu. Lantas apakah kita bisa mengajukan sendiri untuk mendapatkan BLT BBM?

Bantuan sebesar Rp600.000 dibagikan ke masyarakat guna mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Berikut cara mendaftar BLT BBM dengan mudah yang dapat Anda lakukan sendiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip dari Instagram Kementerian Sosial @kemensosri, Kamis (8/9/2022) program bantuan sosial (bansos) BLT BBM akan disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu selama 4 bulan, yakni mulai September hingga Desember 2022.

Sebagai perincian, nantinya setiap bulan warga yang berhak akan mendapatkan BLT BBM senilai Rp 150.000, yang akan disalurkan setiap 2 bulan sekali. Maka dari itu, total dana yang akan diterima masyarakat sebanyak Rp600.000.

“Penyaluran dilakukan dua tahap. Tahap pertama dicairkan untuk 2 bulan Rp300.000 pada September 2022 dan tahap kedua dicairkan 2 bulan Rp300.000 pada Desember 2022,” ujar Risma dalam keterangan resminya seperti yang dikutip Solopos.com, Kamis (8/9/2022)

Diketahui bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 12,4 triliun untuk program BLT BBM ini, dengan total sasaran sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga: Sabar Dulu Lur! Pencairan BLT BBM di Klaten Mundur dari Rencana Awal

Lantas bagaimana cara daftar BLT BBM Rp600.000 ini?

Mengutip Instagram Kementerian Sosial @kemensosri, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mendaftarkan diri untuk BLT BBM ini. Terdapat dua fitur yang dapat anda gunakan di Aplikasi Cek Bansos, yakni fitur usul dan fitur sanggah.

“Menu “Usul” dan “Sanggah” dalam Aplikasi Cek Bansos merupakan terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan, tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak, tapi mendapatkan bantuan (inclusion error).” tulis akun Instagram @kemensosri

Adanya menu ini, diharapkan masyarakat daftar mendaftarkan atau menyanggah diri sendiri, keluarga atau orang lain yang berhak dan tidak berhak mendapatkan bantuan sosial sesuai dengan wilayah masing-masing.

Berikut ini perincian cara daftar BLT BBM yang dapat Anda akses melalui Aplikasi Cek Bansos.

Baca Juga: Hari Pertama Salurkan BLT BBM, Kantor Pos Besar Semarang Terima 483 KPM

1. Fitur Usul

– Mengunduh Aplikasi Cek Bansos melalui Play Store untuk Android dan IOS untuk pengguna iPhone
– Klik tombol menu “Daftar Usulan” pada halaman menu Klik tombol “Tambah Usulan”
– Mengisi formulir sesuai dengan data kependudukan Calon Penerima Manfaat Memilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH)
– Selanjutnya, mengunggah 2 foto, yaitu KTP dan rumah tampak depan.

2. Fitur Sanggah

Berbeda dari fitur usul, fitur sanggah digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah Anda layak mendapat BLT BBM Rp600.000 atau tidak.
– Membuka Aplikasi Cek Bansos Klik menu “Tanggapan Kelayakan”
– Halaman akan menampilkan data penerima BLT di sekitar tempat tinggal Anda
– Berikan tanggapan dengan memilih ikon jempol menghadap ke bawah Ikon ini untuk menilai penerima tersebut tidak layak mendapatkan BLT BBM Rp600.000
– Sementara ikon jempol menghadap ke atas untuk menilai seseorang itu sudah layak Lalu, isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak menerima BLT Terakhir, klik “Kirimkan Tanggapan”
– Setelah mengajukan diri lewat Program Usul Sanggah ini, Kemensos akan memverifikasi data tersebut.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengecek apakah Anda merupakan penerima BLT BBM atau bukan melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: BLT Mulai Disalurkan, 54.900 Keluarga di Karanganyar bakal Dapat @Rp500.000

Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600.000

– Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id
– Masukkan data diri dan alamat sesuai KTP
– Masukkan nama sesuai KTP dan ketik 8 huruf kode chapta
– Selanjutnya klik ‘cari data’
– Hasil akan muncul secara otomatis. Jika Anda termasuk penerima manfaat, identitas Anda akan muncul dalam data yang ditampilkan.

Jika Anda tidak tercantum dalam daftar penerima namun Anda dinilai layak untuk mendapatkannya, Anda dapat mengajukannya lewat Aplikasi Cek Bansos di fitur “Usul”.

Itulah informasi mengenai cara daftar BLT BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya