SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes CPNS (JIBI/Dok)

Birokrasi Sukoharjo, ada 4 camat yang bersaing menjadi Kepala Satpol PP.

Solopos.com, SUKOHARJO–Lima peserta lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo atau pejabat eselon II tak lolos ke tahap berikutnya. Sedangkan 25 peserta lelang dinyatakan lolos ke tahapan uji kompetensi yang dijadwalkan berlangsung 12 dan 13 Agustus mendatang. Dari 25 peserta yang masih lolos, 12 camat di Sukoharjo tetap lolos. Namun, empat di antaranya harus bersaing menempati kursi di satu jabatan yakni Kepala Satpol PP Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Empat camat itu adalah Camat Weru, Heru Indarjo; Camat Tawangsari, Suyatman AP; Camat Gatak, Tony Supriyadi, dan Sumarno, Camat Bendosari. Sedangkan delapan camat yang lain bersaing meraih kursi kepada di tiga dinas, yaitu Dishubinfokon, Disnakertrans dan BPMPP.
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Lelang JPTP Sukoharjo, Anwar Hamdani, Kamis (11/8/2016) menjelaskan ke-25 peserta berhal mengikuti uji kompetensi. “Uji kompetensi bekerja sama dengan Assesment Centre UNS. Lima peserta yang tidak lolos dikarenakan berbagai faktor. Satu orang di antaranya karena mengundurkan diri dan empat peserta lain karena berbagai aspek,” jelas Anwar.

Ekspedisi Mudik 2024

Disebutkannya aspek pengganjal peserta adalah isi makalah, penguasaan materi dan wawasan manajerial sebagai calon pejabat. Data Solopos.com, seorang peserta yang mengundurkan diri ialah Dwi Atmojo Heri, pelamar calon Kepala Disdik Sukoharjo. Empat peserta lain yang gugur di tahap seleksi pertama dan tak muncul di pengumuman yang sudah diunggah di laman bkd.sukoharjokab.go.id adalah nama Karsidi di posisi pelamar Kadisdik tidak tercantum. Demikian juga nama Aris Budi SW pelamar calon Kadishubinfokom, Agung Sri Cahyadi, pelamar calon Kadisnakertrans dan Iman Budiarto, pelamat calon Kepala DKK.

Di laman tersebut, delapan camat menjadi pesaing sesama rekan di tiga dinas. Yakni Camat Baki, Joko Indrianto dan Camat Polokarto, Pardi bersaing di posisi Kepala Dishubinfokom.

Camat Sukoharjo, Gondang Redjono, Camat Kartasura, Baktiyar Zunan, Camat Nguter, Setyo Aji Nugroho bersaing di jabatan Kepala Disnakertrans dan Camat Bulu, Sunarjo Hadi Purnomo, Camat Grogol, Agustinus Setiyono, Camat Mojolaban, Basuki Budi Santoso bersaing di jabatan Kepala BPMPP.

Terpisah, pegiat LSM Gerakan Nasional Penegak HAM, Sukoharjo, Joko Cahyono, menilai pelaksanaan lelang jabatan sudah sesuai prosedur. Dia mengapresiasi sikap Pemkab Sukoharjo yang telah melaksanakan lelang jabatan seperti amanah undang-undang.

“Kami melihat pansel telah mengumumkan siapa-siapa yang lulus seleksi tahap pertama. Dari 30 orang menjadi 25 orang yang dinyatakan lolos oleh pansel. Kami akan terus mengawal proses transparansi lelang jabatan. Kami berharap pansel betul-betul selektif di tahapan berikutnya. Sikap profesionalisme kandidat sangat dibutuhkan dalam membawa lembaga yang dipimpinnya. Proses lelang jabatan ini ditunggu-tunggu masyakat Sukoharjo karena baru kali ini pertama dilakukan.”

Joko menilai selama ini pansel telah fair dan diharapkan transparansi tersebut bisa diwujudkan hingga terpilihnya pejabat yang akan menempati jabatan yang digeluti. “Pejabat yang terpilih nantinya agar bisa mengemban amanat dan menjadi figur pelayan sejati,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya