Tutup Iklan

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

 Ilustrasi bioskop (Pictagram)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bioskop (Pictagram)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, kembali beroperasi seiring turunnya status penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 4 ke Level 3. Tingkat risiko persebaran Covid-19 Sukoharjo juga sudah turun dari sedang atau zona oranye turun risiko rendah atau zona kuning.

Namun demikian ada beberapa ketentuan yang harus dipahami pengelola maupun pengunjung bioskop. Hanya pengunjung dengan kategori hijau atau pengunjung yang sudah menjalani vaksinasi dosis lengkap yang boleh masuk ke bioskop.

Selain itu, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dari total kapasitas tempat duduk. Bagi pengunjung berusia di bawah 12 tahun dilarang masuk ke bioskop. Pengunjung juga dilarang makan dan minum.

Sebagai informasi, beragam pelonggaran aktivitas usaha dan perdagangan dilakukan pemerintah guna mempercepat pemulihan ekonomi daerah. Pemkab Sukoharjo telah melonggarkan aktivitas di mal dan pusat perbelanjaan sejak akhir Agustus.

Baca Juga: Dukung Penanganan Covid-19, Telkomsel Serahkan Alat Kesehatan ke Grup 2 Kopassus

Kini, para pencinta film layar lebar kembali dimanjakan setelah bioskop diizinkan kembali beroperasi. Beleid tersebut tertuang dalam Instruksi Bupati (Inbup) Sukoharjo No 13/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3. Dalam aturan tersebut, karyawan dan pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai skrining aktivitas masyarakat di ruang publik.

Persiapan Lokasi

“Kami telah melakukan berbagai persiapan mulai dari penyemprotan disinfektan hingga memasang tanda jaga jarak di kursi pengunjung selama beberapa hari terakhir. Bioskop mulai beroperasi pada hari ini [Kamis],” kata Public Relation The Park Mall Solo Baru, Christina Tri Mawarti, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (16/9/2021).

Penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat untuk mencegah munculnya klaster baru persebaran Covid-19 yang berasal dari bioskop atau mal di Sukoharjo. “Kami tak ingin muncul klaster baru Covid-19. Pada hari pertama bioskop beroperasi kondisinya masih sepi. Jumlah pengunjung bisa dihitung jari karena masih ada pembatasan jumlah pengunjung mal,” ujarnya.

Baca Juga: Keren, 4 Pemuda Sukoharjo Wakili Jateng di Ajang Esport PON Papua 2021

Sejatinya, lanjut Christin, manajemen XXI The Park Mall Solo Baru telah melakukan uji coba pembukaan bioskop pada April lalu. Kala itu, petugas Satpol PP Sukoharjo juga mengecek persiapan uji coba pembukaan bioskop.

Lantaran kasus Covid-19 melonjak tajam pada pertengahan Juni, bisokop kembali ditutup selama penerapan PPKM Darurat. Ia berharap pembukaan kembali mal dan bisokop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo mampu menjaga sendi perekonomian daerah agar terus berdenyut di tengah pandemi Covid-19.

Aplikasi PeduliLindungi

Terlebih, kawasan Solo Baru merupakan pusat bisnis terbesar di Soloraya. “Saya yakin tingkat kunjungan mal dan bioskop naik secara perlahan-lahan. Apalagi jika vaksinasi Covid-19 telah mencapai herd immunity. Jumlah pengunjung bakal lebih banyak,” paparnya.

Baca Juga: Ditawari Rusunawa, Sekeluarga Tidur Di Kolong Meja Wedangan Kartasura Menolak

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Iwan Setiyono, meminta pengelola bioskop memerketat penerapan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

Pelonggaran aktivitas usaha dan perdagangan harus dibarengi dengan edukasi dan pemahaman masyarakat terutama penggunaan aplikasi PeduliLindungi di ruang publik. Mantan Camat Mojolaban itu menyampaikan aplikasi tersebut juga mulai diterapkan di swalayan dan pusat perbelanjaan.

“Masih banyak masyarakat yang belum memahami penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Buktinya, tak sedikit masyarakat yang baru mengunduh aplikasi saat hendak masuk swalayan,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Seleksi Perangkat Desa Wonogiri Terhenti 40 Menit, Peserta Sempat Panik

Setelah bisa diatasi, peserta dapat mengerjakan soal sampai akhir dengan waktu dari nol lagi.

Sumberbulu Karanganyar Raih Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan

Di Jateng hanya ada dua desa wisata yang meraih sertifikat desa wisata berkelanjutan. Salah satunya adalah Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar.

Meteran Listrik Disambar Petir, Air Bersih Desa Tawangrejo Klaten Macet

Sumur Pamsimas itu dimanfaatkan warga dua RW di Dukuh Jetis, Desa Tawangrejo, Bayat, Klaten.

Belum Dievakuasi, Mobil SAR UNS Solo Terjebak Lahar Semeru Tak Terlihat

Mobil SAR UNS Solo yang terjebak dan tertimbun lahar dingin saat menolong korban erupsi Gunung Semeru belum bisa dievakuasi karena banyak kendala.

Bupati Karanganyar Kirim 3 Truk Bantuan dan 15 Sukarelawan ke Lumajang

PUDAM Tirta Lawu dan SAR Karanganyar berhasil mengumpulkan bantuan sembako dan lainnya sebanyak tiga truk untuk korban erupsi Semeru di Lumajang.

Sukarelawan Boyolali Kirim Sayuran ke Kawasan Gunung Semeru

Berdasarkan informasi yang didapat dari jaringan RAPI di Lumajang, masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru masih membutuhkan beberapa jenis bantuan, di  antaranya adalah sayur-sayuran.

2 Desa di Sukoharjo Dilanda Hujan Angin, 1 Rumah Warga Rusak

Satu rumah warga rusak akibat terjangan hujan angin yang melanda dua desa di dua kecamatan berbeda wilayah Kabupaten Sukoharjo, warga diminta tingkatkan kewaspadaan.

Relasi Dunia Pendidikan dan Industri di Karanganyar Perlu Ditingkatkan

Kadin Karanganyar meminta dunia pendidikan bisa menangkap apa yang menjadi kebutuhan dunia industri. Sehingga lulusan sekolah bisa dengan mudah terserap di dunia kerja.

Solo Hari Ini: 9 Desember 2015, Momen Rudy-Purnomo Menangi Pilkada

Enam tahun lalu, tepatnya pada 9 Desember 2015, pasangan F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, meraih 63% suara sekaligus memenangi Pilkada Kota Solo.

Pelaku Perampokan Pet Shop Klodran Karanganyar Teridentifikasi

Polisi sudah menyita sepeda motor pelaku dari kediamannya. Sementara, barang yang diduga pistol yang digunakan saat merampok masih dicari.

Kian Lengkap, Ini Tarif Paket Terbaru Desa Wisata Sumberbulu Mojogedang

Ada lima paket wisata yang ditawarkan pengelola Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar kepada para wisatawan. Semuanya dipatok dengan harga menarik.

Mayat Perempuan Lansia Ditemukan di Sungai Craken Sragen

Perempuan lanjut usia ditemukan meninggal dunia di saluran Sungai Craken Sragen. Tak ada tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban.

Ibu-Ibu Jatisuko Karanganyar Dapat Pelatihan Menjahit dari Desa

Pemerintah Desa Jatisuko, Kecamatan Jatipuro, Karanganyar, berinisiatif menggelar pelatihan menjahit bagi ibu-ibu rumah tangga setempat untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Innalillahi, Warga Matesih Karanganyar Ditemukan Membusuk di Rumahnya

Wardi, warga Dusun Sidodadi, Desa/Kecamatan Matesih, Karanganyar, ditemukan sudah membusuk di kamar rumahnya, Kamis (9/12/2021).

Gelar Sarjana Tak Jamin Lulus Seleksi Perangkat Desa Gabus Sragen

Sejumlah lulusan SMA atau sederajat memiliki total skor cukup tinggi dibandingkan peserta lulusan perguruan tinggi dalam Seleksi Perangkat Desa Gabus, Kecamatan Ngrampal, Sragen.