SOLOPOS.COM - Dolby Atmos (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Bioskop Jogja untuk Cinema XXI mengadopsi teknologi baru.

Harianjogja.com, SLEMAN—Cinema XXI Plaza Ambarrukmo memberikan fasilitas terbaru untuk pengunjung berupa teknologi cinema sound terbaru dari Dolby yakni dolby atmos 64.1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Cinema XXI Plaza Ambarrukmo Sriyono mengungkapkan, teknologi terbaru ini dipasang di Studio 1 yang berkapasitas 294 penonton selama sepekan ini. Ada pun film yang sedang diputar yang juga didukung oleh teknologi ini adalah Fantastic Four. Menurutnya, hanya film yang diproduksi dengan teknologi serupa yang bisa diputang dengan cinema sound dolby atmos.

“Di DIY ini baru dua tempat yakni Cinema XXI Plaza Ambarrukmo dan Empire XXI. Masing-masing di Studio 1,” ujar dia kepada wartawan di Cinema XXI Plaza Ambarrukmo, Sleman, Selasa (18/8/2015).

Ia menambahkan, atmos system theater dengan mapping channel ini bisa mencapai 64.1 channel dalam arti 64 speaker dan satu subwoofer. Ruangan yang dilengkapi dolby atmos umumnya memiliki 64 speaker yang dihubungkan dengan atmos enabled amplifier yang memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan 128 jenis dan informasi suara secara individu ke 64 speaker yang terpasang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, efek suara yang akan diterima di dalam ruangan atmos akan lebih realistis dibandingkan dengan sound 3D pada umumnya (surround). Hal ini disebabkan informasi (frekuensi) dan jenis suara (bass/treble) disampaikan secara individu. Di seluruh Indonesia, dolby atmos sudah tersedia di 33 layar.

“Dengan teknologi ini, suara yang didengar lebih menyeluruh ke seluruh ruangan. Efeknya lebih jelas terasa,” ujar dia.

Ia berharap, pengunjung semakin nyaman dan puas ketika menonton film di Cinema XXI Plaza Ambarrukmo. Namun, ia mengaku tidak ada target pengunjung seiring penambahan teknologi baru ini. Cinema XXI Plaza Ambarrukmo dikunjungi rerata 1.000 orang pada Senin hingga Jumat dan 2.000 orang pada Sabtu dan Minggu. Bioskop yang terletak di lantai tiga ini memiliki lima studio deluxe dengan kapasitas masing-masing 294 orang, 213 orang, 182 orang, 183 orang, dan 137 orang. Selain itu, ada pula satu studio premiere dengan kapasitas 40 orang.

Untuk harga tiket, untuk studio deluxe pada Senin hingga Kamis Rp35.000, Jumat Rp40.000, serta Sabtu dan Minggu Rp50.000 baik film 2D maupun 3D. Sementara, harga tiket untuk studio premiere Rp60.000 untuk Senin hingga Jumat, Rp75.000 untuk Jumat, dan Rp100.000 untuk Sabtu dan Minggu.

Public Relation Plaza Ambarrukmo Wahyu Hidayati MHS mengungkapkan, Plaza Ambarrukmo mendukung upaya yang dilakukan Cinema XXI. Upaya tersebut bertujuan meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya