SOLOPOS.COM - Ruangan bioskop yang dilengkapi fitur 4DX di CGV Blitz Hartono Mall, Rabu (23/3/2016) malam. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Bioskop di Jogja, CGV Blitz Hartono Mall menawarkan sensasi nyata adegan dalam film tersebut

Harianjogja.com, SLEMAN—Menonton film dalam format 4DX bisa dirasakan para penggemar film di DIY. Selama film diputar, penonton akan mengalami sensasi seolah-olah ikut dalam setiap adegan film.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bioskop yang menyajikan teknologi 4DX adalah CGV Blitz. Cinema Manager CGV Blitz  Hartono Mall Agatha Elita Desinta H mengatakan, teknologi 4DX ini akan memberikan sensasi berbeda karena menyajikan enam efek tersendiri.

“Ada efek gerak dari kursi, angin, aroma, cipratan air, cahaya, dan asap. Jadi sangat memberi pengalaman berbeda,” ujar dia ketika ditemui  di CGV Blitz Hartono Mall, Sleman, Rabu (23/3/2016) malam.

Ia mengungkapkan, efek itu akan mengikuti setiap adegan di mana proses sinkrosinasi sudah dilakukan oleh tim projectionist di Korea. Setiap efek yang pas dengan adegan bertujuan untuk menjual pengalaman berbeda agar pelanggan merasa ikut terlibat langsung dalam film.

Agatha menyebutkan, di DIY, fitur 4DX hanya dimiliki CGV Blitz Hartono Mall. Fitur ini mulai dikenalkan awal Desember 2015. Ruangan 4DX memiliki kapasitas 96 tempat duduk. Adapun harga tiket untuk film 2D Rp60.000 untuk Senin-Kamis, Rp70.000 untuk Jumat, dan Rp90.000 untuk Sabtu dan Minggu. Sementara itu, untuk film 3D, tiket dijual dengan harga Rp90.000 untuk Senin-Kamis, Rp100.000 untuk Jumat, dan Rp120.000 untuk Sabtu dan Minggu.

“Respons penonton selama ini sangat bagus meskipun harganya lebih mahal. Okupansi rata-rata di hari biasa 40 persen hingga 50 persen. Kalau akhir pekan selalu penuh,” ungkap dia.

Untuk menjaga kepuasan penonton, perawatan selalu dilakukan tim projectionist tersendiri setiap bulannya. Pengecekan dilakukan pada setiap bangku dan membutuhkan waktu dua malam. Perawatan dilakukan setelah jam operasional bioskop.

Film yang diputar dengan format 4DX ini tidak semua jenis film. Film-film yang dipilih rata-rata film aksi, thriller yang memiliki banyak adegan gerak. Saat ini, film yang diputar dalam fitur 4DX adalah Batman v Superman: Dawn of Justice. Sebelumnya, fitur ini digunakan untuk memutar film In The Heart of  The Sea dan The Finest Hours.

“Kami mencoba menawarkan teknologi yang berbeda untuk menarik peminat,” papar dia.

Saat ini, CGV Blitz Hartono Mall memiliki anggota kurang lebih 50.000 orang. Setiap  bulan ditargetkan ada penambahan anggota 15% dari total pengunjung yang datang. Selain 4DX yang laris, tipe studio yang digandrungi adalah velvet di mana okupansinya rata-rata 90%.

Adapun harga tiketnya Rp90.000 untuk Senin-Kamis, Rp100.000 untuk Sabtu, dan Rp150.000 untuk Sabtu dan Minggu. “Satu tempat untuk dua orang. Jadi beli satu tiket bisa untuk dua orang,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya