SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO -- Perusahaan BUMN, Bio Farma tengah mempersiapkan sistem distribusi vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia secara digital.

Hal tersebut dilakukan Bio Farma dimulai dengan pengemasan vaksin Covid-19 yang dilengkapi QR code untuk memudahkan pelacakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

113 Keluarga Korban Bencana Karanganyar Dapat Bantuan Total Rp306 Juta

“Dari sistem distribusi sendiri, kita memang sudah mengembangkan sistem digitalisasi. Di mana mulai dari pengemasannya nanti kita kembangkan
dengan sistem track and trace. Kita akan memberikan semacam QR code. Mulai dari kemasan yang primary, secondary, dan juga tertiary. Sehingga nanti vaksin ini benar-benar bisa kita pastikan akan diberikan kepada yang berhak untuk menerimanya,” terang Direktur Utama Bio Farma, Honesto Basyir dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Senin (28/12/2020).

Kapolresta Solo Minta Jogo Tonggo Bantu Identifikasi Aktivitas Terorisme

Untuk menjaga mutu vaksin tersebut tetap baik hingga ke masyarakat nanti, Bio Farma juga telah menyiapkan sistem pemantauan suhu pada kemasannya. Hal ini untuk memastikan bahwa selama proses distribusi. Terutama vaksin tersebut disimpan pada suhu yang standar, yakni dua sampai delapan derajat Celcius.

“Jadi, nanti kalau seandainya, ada kejadian luar biasa, di mana penyimpanannya itu di luar dua dan delapan derajat Celcius, itu akan segera diberikan notifikasinya, dan kita bisa lacak nanti lokasinya ada di mana. Sehingga nanti kita akan lihat, kalau memang masih sesuai dengan standar vaksinnya akan tetap kita berikan. Tapi, kalau seandainya di luar standar nanti akan ditarik. Dan kita ganti dengan vaksin yang baru,” beber dia.

Virus Corona Menular Lewat Air Mata, Emang Bisa?

Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

Kemudian, semua distribusi vaksin Covid-19 rantai dingin juga akan dilengkapi dengan GPS untuk menentukan bahwa vaksin itu nanti akan sampai di daerah tujuannya.

“Jadi, memang menurut kami, distribusi juga suatu hal yang sangat vital dalam proses vaksinasi ini untuk memberikan jaminan, bahwa mereka mendapatkan vaksin yang bagus," imbuh Honesti Basyir.

Medi Tintir Sampai Gamelan Keramat, Ini Kata Warga Soal Mitos Bengawan Solo

Dalam persiapan distribusi vaksin Covid-19 ini Bio Farma bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Telkom Indonesia yang sudah mengembangkan sistem integrasi satu data.

"Di masing-masing vial vaksin itu sudah ada kode tertentu. Kode tertentu ini nanti akan dikomunikasikan dengan sistem integrasi satu data. Nantinya ada data-data tertentu seperti vaksin ID yang ada di vial-nya vaksin itu sendiri, dan dari customer ID, nanti yang disesuaikan dengan data KTP ataupun data yang ada di Dukcapil. Jadi nanti akan memastikan bahwa vaksin nomor tertentu diterima oleh masyarakat ataupun orang dengan nomor KTP tertentu," tutup
Honesti Basyir.

Tak Hanya Bikin Cantik, Ini Manfaat Merawat Kulit Bagi Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya