Bima Sakti Ungkap Ritual Khusus Timnas Indonesia di Piala AFF U-16

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengatakan "ritual khusus" pemain di ruang ganti ditujukan untuk membakar semangat pemain saat Piala AFF U-16 2022.

 Timnas Indonesia U-16 sebelum melawan Vietnam di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (6/8/2022). (PSSI)

SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-16 sebelum melawan Vietnam di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (6/8/2022). (PSSI)

Solopos.com, SLEMAN—Timnas Indonesia U-16 selama ini melakukan “ritual khusus” di ruang ganti pemain Stadion Maguwoharjo Sleman selama  Piala AFF U-16 2022. Ritual tersebut terbukti ampuh mengantarkan Indonesia melangkah ke final Piala AFF U-16.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengatakan “ritual khusus” tersebut ditujukan untuk membakar semangat pemain.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Dalam ritual itu, Bima meminta para pemain menghadap dinding atau loker mereka sambil memegang foto orang tua masing-masing. Kemudian, sang pelatih meminta anak-anak asuhnya untuk berdoa di hadapan foto tersebut.

Baca Juga: Road to Final Piala AFF U-16, Indonesia Cetak 14 Gol Vietnam 13

“Hal seperti itu sudah kami lakukan sejak tahun 2019, saat timnas U-16 masih diperkuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. Itu ampuh sekali dan menjadi pelecut semangat dan motivasi pemain. Saya selalu ingin pemain mengingat jasa orang tua lalu pelatih-pelatih mereka di SSB atau akademi. Itulah orang-orang yang sangat berjasa bagi mereka,” tutur Bima di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (11/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Bima Sakti mengatakan orang tua menjadi motivasi terbesar para pemainnya saat bertanding di lapangan. Hal itu pula yang diharapkan Bima saat Indonesia bertemu Vietnam pada laga final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8) pukul 20.00 WIB.

Dia mengaku senang dengan upaya PSSI memboyong orang tua pemain ke Stadion Maguwoharjo Sleman untuk menyaksikan final Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga: Jadwal dan Live Streaming Final Piala AFF U-16 Vietnam vs Indonesia

“Alhamdulillah orang tua mereka datang. Itu akan menjadi motivasi. Sebelumnya pemain hanya melihat foto, kini sudah hadir fisiknya,” ujar pria berusia 46 tahun itu.

Pertandingan final Piala AFF U-16 2022 Indonesia versus Vietnam digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/8), mulai pukul 20.00 WIB. Sebelum laga itu, pada hari dan tempat yang sama, ada pertandingan perebutan tempat ketiga yang mempertemukan Thailand dan Myanmar mulai pukul 15.30 WIB.

Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022 setelah mengandaskan perlawanan Myanmar melalui drama adu tendangan penalti dengan skor 5-4 (1-1) pada laga semifinal di Stadion Maguwoharjo, Rabu (10/8). Sementara Vietnam ke partai puncak usai menaklukkan Thailand 2-0 di empat besar.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Sempurna, Begini Cara Bima Bangun Mental Pemain

Bagi Indonesia dan Vietnam, pertemuan di final Piala AFF U-16 2022 menjadi pertemuan pertama kedua negara di partai puncak turnamen tersebut sepanjang sejarah.

Vietnam bersama Thailand tercatat sebagai tim tersukses di Piala AFF U-16 dengan tiga gelar juara. Adapun Indonesia baru sekali keluar sebagai kampiun yaitu pada edisi 2018, saat kompetisi itu dilaksanakan di Jawa Timur.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Timnas U-17 Malaysia Singkirkan UEA, Indonesia Wajib Menang atas Palestina

      UEA dipastikan tersingkir dari persaingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 karena mereka telah kalah head to head dengan dua tim teratas yaitu Indonesia dan Malaysia.

      Timnas U-17 Australia Ngamuk Lagi, Kini Hajar Kamboja 10-0

      Australia sebelumnya menumbangkan Kepulanan Mariana Utara dengan skor sangat telak, 23-0.

      Liga Jepang Heningkan Cipta Sebelum Laga untuk Para Korban Tragedi Kanjuruhan

      Liga Jepang telah menjalin kerja sama dengan liga profesional di Indonesia sejak 2014.

      Prediksi Palestina Vs Indonesia: Pintu Putaran Final Piala Asia U-17 Kian Dekat

      Palestina telah kalah dua kali dalam dua laga mereka di penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17, sedangkan Indonesia menang dua kali.

      Ini Dia, Tim Milik Deddy Corbuzier Siap Menggebrak Dunia Balap Indonesia

      Tim balap milik Deddy Corbuzier yang mendapatkan suntikan dukungan dari PT Dua Naga Kosmetindo itu akan bertarung di ajang Indonesia Drift Series 2022.

      Timnas U-17 Indonesia, Saatnya Tuntaskan Setengah Jalan Menuju Piala Asia

      Timnas U-17 Indonesia wajib memenangi dua pertandingan tersisa di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 melawan Palestina (nanti malam) dan Malaysia (Minggu) untuk memastikan lolos ke putaran final di Bahrain.

      Ten Hag Tetap Sebut Cristiano Ronaldo Bahagia di Manchester United

      Di bawah pelatih Erik ten Hag, Ronaldo memang belum menjadi pilihan utama untuk berbagai laga Manchester United.

      Akui Bagus, Pelatih UEA Puji Kualitas Arkhan Kaka dan 2 Pemain Timnas U-17

      Pelatih UEA menyebut tiga pemain Indonesia ini lebih menonjol di tim. Meski demikian, ia mengaku Timnas U-17 Indonesia bagus sebagai sebuah tim seperti halnya UEA.

      Djokovic ke Perempat Final Astana ATP dengan Kemenangan Telak

      Djokovic, yang meraih gelar ke-89 sepanjang kariernya di Tel Aviv akhir pekan lalu, memperpanjang kemenangan beruntunnya menjadi enam pertandingan.

      Tiga Pemain Persib Bandung Gabung Pemusatan Latihan Timnas U-20

      Selain di turnamen AFC U-20, Timnas U-20 Indonesia juga akan menghadapi Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

      Jadwal Pertandingan dan Klasemen Lengkap Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

      Indonesia akan menghadapi Palestina pada lanjutan penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Jumat (7/10/2022) malam WIB.

      Bila Pendukung Rusuh, 39 Klub Liga 3 Jateng Siap Didiskualifikasi

      Menurut A. S. Sukawijaya pakta integritas tersebut merupakan salah satu upaya mencegah terulangnya tragedi Kanjuruhan Malang saat Liga 3 Jateng bergulir kembali.

      Esports Berkembang Jadi Peluang Sport Tourism Kota Solo

      Perkembangan esports yang sangat cepat membawa dampak hadirnya banyak orang di setiap turnaman yang di gelar di suatu daerah.

      Profil Arkhan Kaka, Striker Haus Gol Timnas U-17 Indonesia Binaan Persis Solo

      Arkhan Kaka telah mencetak enam gol dalam dua penampilannya bersama Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

      Ranking FIFA Terbaru Hari Ini: Brasil Kukuh di Puncak, Indonesia Merangkak

      Indonesia dan Malaysia sama-sama mendapat peningkatan dalam ranking FIFA terbaru, sedangkan posisi Thailand tak berubah.