Bima Arya Tegur RS UMMI Terkait Tes Swab Rizieq Syihab
Bima Arya di RS UMMI Bogor (Tim Detik.com)

Solopos.com, BOGOR -- Dinilai kecolongan terkait tes swab Rizieq Syihab, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegur keras RS UMMI. Karena diketahui tes swab Habib Rizieq dilakukan oleh tim medis dari luar rumah sakit.

"Kan begini ya rumah sakit [RS UMMI] ini punya sistem, diketahui tamunya. Loh bagaimana bisa terjadi diswab, tapi tidak diketahui. Saya saja, Wali Kota dan Pak Kapolres, Pak Dandim ketika masuk aja harus dicek satu-satu. Masa tim swab masuk enggak ketahuan masuk ke sini, jangan-jangan enggak pakai APD," kata Bima Arya, Jum'at (27/11/2020) malam.

"Pihak rumah sakit kami lihat kecolongan soal itu, kami tegur. Kami minta ke depan, terbuka, bekerjasama, karena bisa kena pasal. Saya ingatkan ini penting, kesehatan habib penting, kesehatan medis penting. Kesehatan semua di sini penting, ini warga Bogor semua," tambah Bima dilansir dari Detik.com.

Teguran untuk RS UMMI Bogor merupakan buntut dari tidak terpantaunya proses swab terhadap Rizieq Syihab di rumah sakit tersebut. Proses swab, disebut keluarga dilakukan oleh tim dokter dari MER-C pada Jum'at (27/11) siang. Namun proses swab dilakukan tanpa sepengetahuan RS UMMI dan tidak melibatkan Dinas Kesehatan atau Satgas Kota Bogor.

Ingat! Kerumunan Bisa Memicu Munculnya Klaster Baru Covid-19

Tidak Dikabari

"Saya menjelang Jumat berkomunikasi dengan dokter Andi (Dirut RS UMMI, Andi Tatat). Disampaikan bahwa tim dokter pribadi sedang dalam perjalanan menuju RS UMMI, dan setelah itu direncanakan akan dilakukan swab test. Dan saat itu saya sampaikan, jangan lupa koordinasikan. Karena harus disaksikan oleh Dinkes (Dinas Kesehatan Kota Bogor) dan disepakati harus dibawa kemana untuk pemeriksaan dari PCR tersebut. Labnya harus disepakati bersama, dan itu disepakati (oleh RS UMMI)," kata Bima Arya ketika konferensi pers di Balaikota Bogor, Jum'at (27/11).

"Namun kemudian setelah jumatan saya mendapatkan informasi bahwa Habib [Rizieq Syihab] telah diswab test. Tanpa dikabari, tanpa mengabari kami," sambung Bima Arya.

Tes Swab Rizieq Syihab, Dinkes Bogor Masih Koordinasi Satgas

Bima Arya mengaku sempat berkomunikasi dengan Dirut RS UMMI Andi Tatat untuk menanyakan kembali siapa yang menyelenggarakan swab test terhadap Rizieq Syihab. Namun, pihak RS UMMI tidak memberi jawaban pasti.

"Kemudian saya komunikasi langsung dengan dokter Andi, dan disampaikan bahwa beliau itu tidak tahu. Bahwa swab test itu dilakukan ketika waktu sholat jumat, ya begitu disampaikan kira-kira," beber Bima.

 

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom