Bill Gates Menyesal Microsoft Gagal Saingi Android
Bill Gates (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Orang terkaya kedua di dunia, Bill Gates, mengungkapkan penyesalan terbesar dalam hidupnya. Co-Founder Microsft tersebut sangat menyesal tidak bisa mengembangkan perusahaannya dengan baik. Dia merasa gagal mengembangkan sistem operasi Android.

Saat ini, sistem operasi Android dinilai sudah mendominasi pasar teknologi smartphone. Bill Gates menilai hanya ada satu ruang bagi pesaing OS Apple, IOS, yang seharusnya bisa diambil oleh Microsoft. Namun, kenyataannya Microsoft gagal mendapatkan posisi tersebut karena dijegal Android.

Kesalahan terbesar adalah miss-management yang membuat Microsoft tidak mampu berkembang seperti Android. Saat itu ada satu ruang khusus untuk sistem operasi non-Apple yang nilainya mencapai US$400 miliar. Sayang, kami gagal mengisinya. Sehingga saat ini Android adalah salah satu sistem operasi standar non-Apple,” terang Bill Gates seperti dikutip dari The Independent, Selasa (2/7/2019).

Google mengakuisisi Android pada 2005 yang akhirnya mengusasi dunia. Mantan CEO Google, Eric Schmidt, mengakui fokus awal Google saat itu yakni mengalahkan Microsoft dengan perangkat Windows Mobile.

Dilansir Phone Arena, Windows Phone kali pertama diluncurkan pada Januari 2010. Gadget tersebut dirilis untuk menggantikan Windows Mobile sekaligus guna memberi kekuatan pada jajaran ponsel pintar Nokia Lumia.

Sayangnya, vendor gagal untuk menyematkan sistem operasi milik Microsft untuk mendukung Windows Phone. Kebanyakan pelanggan lebih memilih menggunakan smartphone berbasis IOS atau Android.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom