SOLOPOS.COM - Bill Gates (billgatesstrategic.com)

Bill Gates (billgatesstrategic.com)

JAKARTA—Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan entrepreneurs dunia dari Microsoft, Bill Gates, mengutus wakilnya hadir pada puncak peringatan hari Gerakan Kewirausahaan Nasional yang dipusatkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan pada 18 Maret 2013.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepastian kehadiran wakil Bill Gates diungkapkan Sjaifuddin Hasan kepada wartawan, Senin (25/2/2013) menjelang peringatan tiga tahun Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang akan melibatkan sekitar 80.000 calon-calon wirausahawan.

”Dia memastikan kehadiran wakilnya melalui surat yang ditujukan langsung kepada saya sekitar dua hari lalu,” papar Sjarifuddin Hasan, seraya menegaskan surat tersebut disampaikan melalui surat elektronik atau email.

Ini merupakan dukungan nyata dari Gates terhadap GKN yang diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiga tahun lalu, yang menugaskan Kementerian Koperasi dan UKM sebagai salah satu instansi yang bertanggungjawab atas peningkatan jumlah wirausahawan.

Sebagai bentuk dukungan nyata, pendiri dan pemilik Microsoft tersebut juga mengirim Akhtar Badshah yang saat ini menjabat sebagai Senior Director Citizen Global Microsoft. “Dia adalah orang kedua di Microsoft sebagai kepercayaan Bill Gate.”

Pada kesempatan itu di Kementerian Koperasi dan UKM ditandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan PT Microsoft Indonesia dan PT Cyberindo Persada Nusantara untuk mengembangkan program kewirausahaan nasional.

Dukungan Bill Gates untuk Indonesia diharapkan mampu meningkatkan jumlah wirausaha yang saat ini masih berada di bawah 2%, atau sekitar 1,56%. Jika jumlah wirausaha mencapai 2% dari populasi penduduk, satu negara dikategorikan mapan dalam sistem perekonomiannya.

Meski yang hadir hanya wakil Bill Gates, namun Sjarifuddin Hasan optimistis  mampu memotivasi generasi muda Indonesia untuk menjadi wirausahawan pemula, khususnya dari kalangan mahasiswa.  Ini menjadi gambaran betapa dunia peduli pada perkembangan kewirausahaan.

Utusan Bill Gates akan menjadi salah satu pembicara untuk menyampaikan kisah sukses pengusaha di bidang teknologi dan informasi itu kepada calon wirausaha di Indonesia.  Selain Bill Gates, diagendakan hadir entrepreneurs dunia lainnya, yakni  pendiri Facebook dan Twitter.

Andreas Diantoro, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan dan siap bekerja sama untuk mengembangkan kewirausahaan di Indonesia. Khsusunya wirausahawan pemula.

“Sebab, program tersebut sejalan dengan program kami secara untuk memberikan peluang kepada generasi muda menjadi entrepeneur dunia digital,” katanya, sembari siap memfasilitasi peralatan, pelatihan, hingga program magang bagi calon wirausaha Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya