Tutup Iklan
Bikin Senam Unik, Kepsek di China Mendunia
Kepala Sekolah Dasar Xi Guan di China, Zhang Pengfei, memimpin shuffle dance (South China Morning Post)

Solopos.com, LINYI Seorang kepala sekolah di China mendunia berkat gerakan senam buatannya viral di media sosial. Kepala Sekolah Dasar Xi Guan di Linyi, Shanxi, China, Zhang Pengfei, mengajak muridnya senam dengan gerakan tarian modern.

Mengutip South China Morning Post, Jumat (25/1/2019), dalam video viral di media sosial, pria berusia 40 tahun itu tampak memimpin muridnya senam. Zhang Pengfei yang mengenakan pakaian serba hitam memandu shuffle dance dengan penuh semangat.

Bukan hanya murid, guru di sekolah tersebut mengikuti shuffle dance dengan riang gembira. Mereka menyebut tarian yang dibuat Zhang Pengfei dengan sebutan guibu alias langkah hantu. Tarian tersebut menggabungkan gerakan tumit, kaki, dan lengan dengan irama cepat.

Senam yang dipandu Zhang Pengfei bukanlah hal yang lazim di China. Di sekolah lain, siswa biasanya melakukan senam harian. Gerakan senam yang kaku sesuai aturan pemerintah dilakukan sejak 1951. Gerakan tersebut kabarnya berasal dari Jerman pada abad ke-19.

Adapun senam wajib dari pemerintah China dikenal dengan nama callisthenics. Senam itu merupakan kombinasi gerakan yang dilakukan tentara Jepang selama Perang Dunia II. Namun, menurut Zhang Pengfei gerakan tersebut membosankan, sehingga dia nekat melakukan perubahan.

Awalnya, sebagian guru menentang ide Zhang Pengfei. Namun, mereka akhirnya memberikan dukungan pada Zhang Pengfei yang mengajarkan senam unik tersebut sejak November 2018. "Musiknya penuh energi membuat kami sangat bahagia. Gerakan senamnya sangat unik," kata salah seorang guru di sekolah tersebut.

Meski awalnya ditentang, Zhang Pengfei senang gagasannya akhirnya disambut baik oleh guru dan murid di sekolahnya. Dia sengaja membuat gerakan unik tersebut untuk menawarkan cara berolahraga yang berbeda.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho