SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com–Suasana properti yang nyaman dan hijau menjadi idaman sebagian pemilik atau penghuni rumah. Oleh karena itu, tak jarang mereka menyiapkan lahan khusus untuk membuat taman.

Selagi Anda punya banyak waktu di rumah, tak ada ruginya membuat atau membenahi taman agar hunian makin nyaman, asri, dan sejuk. Area taman yang asri tentu akan memberikan kesegaran dan kesan menyenangkan bagi siapa saja yang menyambanginya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Desainer Lanskap dari Eshcol Gardening & Landscape Amalya Hasibuan mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain lanskap rumah, terutama dari segi penataan taman.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan daerah taman terlebih dahulu dengan cara memotong tanaman liar atau tanaman yang sudah mati,” tuturnya kepada Bisnis.

Selanjutnya, mencabut bagian rumput yang botak di bawah pohon dan membentuk border baru dengan tanaman yang cenderung bagus untuk daerah teduh. Bisa juga membiarkan border lama, tapi daerah yang terdapat rumput botak sebaiknya diganti dengan kerikil sehingga tidak harus dilakukan perombakan total.

Tanaman Gantung

Untuk menyemarakkan kesan hijau dan mempercantik area taman, Amalya menyarankan untuk menambahkan tanaman gantung pada pohon besar dengan memanfaatkan dahan-dahan pohon.

“Bisa pakai tanaman tanduk menjangan atau pakis kadaka di beberapa titik di pohon yang besar agar lebih cantik dan bersih serta tidak terlalu seram. Pakai saja kawat, gantung, terus kawatnya dililit di dahan pohon,” terangnya.

Amalya melanjutkan taman akan semakin hidup dan indah untuk dinikmati dengan adanya elemen-elemen lain selain tanaman atau pohon berupa unsur yang kerap disebut dengan soft space dan hard space.

Unsur hard space bisa berupa pijakan dek kayu atau lantai dari batu dan kerikil. Sementara itu, unsur soft space bisa berupa air pancuran di tengah taman.

“Jadi ada perpaduan harmonisasi antara tanaman, batu, serta air. Unsur-unsur ini akan membuat taman menjadi lebih komplet,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya