Tutup Iklan
Ilustrasi air terjun. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Berwisata ke air terjun memang sangat menyejukkan dan cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Di Jawa Tengah (Jateng) ada sejumlah air terjun cantik.

Di antara sejumlah air terjun itu, ada tiga lokasi yang bisa disebut sebagai tiga surga tersembunyi. Berikut adalah tiga objek wisata air terjun tersembunyi djJateng yang tak patut untuk dilewatkan:

Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang. (Instagram)
Air Terjun Semirang. (Instagram)

Air Terjun Semirang adalah salah satu objek wisata alam di tengah hutan lereng Gunung Ungaran, Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Air terjun yang dikelola Perusahaan Umum (Perum) Perhutani ini memiliki ketinggian 45 meter.

Letak air terjun ini memang tersembunyi di tengah hutan lereng Gunung Ungaran. Bahkan pengunjung yang ingin menikmati segarnya air di salah satu destinasi wisata alam di Semarang ini harus berjalan kaki selama 30 menit dari Dusun Gintungan. Hal itu dikarenakan jalur dari Dusun Guntingan menuju air terjun tak dapat dilewati kendaraan.

Untuk masuk ke kawasan air terjun, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk Rp5.000. Parkir kendaraan pun cukup murah, hanya Rp2.000 untuk sepeda motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Curug Indrokilo

Curug Indrokilo. (Jatengprov.o.id)
Curug Indrokilo. (Jatengprov.go.id)

Lereng Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) memang menyimpan banyak objek wisata berupa air terjun, salah satunya Curug Indrokilo. Curug Indrokilo mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat di luar Kabupaten Semarang.

Curug Indrokilo adalah sebuah air terjun yang terdapat di Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jateng. Dikutip dari laman resmi milik Pemprov Jateng, Desa Lerep merupakan desa wisata yang kini sedang dikembangkan Pemprov Jateng.

Objek wisata ini dapat disebut sebagai surga yang tersembunyi karena pemandangan alam indah yang disajikan, namun letaknya yang sedikit tersembunyi. Untuk menuju Curug Indrokilo, wisatawan diharuskan melalui perkebunan milik warga sekitar.

Berdasarkan ulasan sejumlah warganet di Google Review, untuk masuk ke Curug Indrokilo tak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Dengan pemandangan indah, suasana sejuk, dan gratis, objek wisata alam di Kabupaten Semarang tersebut sangat cocok dikunjungi wisatawan yang ingin mengirit pengeluaran.

Curug Gondoriyo

Curug Gondoriyo. (Antara)
Curug Gondoriyo. (Antara)

Nama Curug Gondoriyo mungkin belum terlalu akrab di telinga para wisatawan, terutama wisatawan dari luar Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Objek wisata berupa air terjun itu terletak di Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Air terjun tersebut sempat viral dan ramai dibicarakan khalayak dunia maya Semarang. Untuk mencapai Curug Gondoriyo, pengunjung dapat memarkir kendaraan mereka di lokasi parkir yang ada di permukiman warga dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Air terjun tersebut juga sangat dekat dengan Masjid As-Safinatun Najah yang berbentuk menyerupai kapal. Jadi, setelah mengunjungi Curug Gondoriyo, wisatawan dapat langsung menuju masjid kapal di Ngaliyan untuk menikmati keindahan arsitektur bangunan masjid tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten