SOLOPOS.COM - Ilustrasi burung gagak (birdbgone.com)

Solopos.com, SOLO--Banyak orang suka memelihara burung dan menjadikannya hobi. Merdunya kicauan burung, warna eksotis, dan nilai ekonomi menjadi penyebab mereka begitu menggilai burung untuk dipelihara.

Meski begitu, banyak orang yang masih mempercayai mitos dan menjadikannya pertimbangan untuk memelihara burung. Mereka meyakini beberapa jenis burung tertentu dipercaya dapat memberikan tuah atau mendatangkan manfaat bagi yang memeliharanya.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Meski begitu, mitos tentang burung tersebut tidak selalu sifatnya bagus, namun justru sebaliknya bisa membawa petaka sehingga begitu ditakuti dan membuat orang merinding. Melansir dari okezone.com dan sumber lain, berikut beberapa mitos yang tentang burung.

Asyiknya Jalan-Jalan Ke Batu Love Garden, Taman Wisata Penuh Bunga

Burung Gagak

Meski dari segi fisik cukup cantik, burung gagak dikenal sangat agresif dan memiliki suara yang bikin bulu kuduk merinding. Burung gagak dipercaya memiliki citra buruk dan mitos yang sangat tidak enak di dengar yaitu burung kematian.

Konon, jika melihat burung ini berputar-putar di atas atap sebuah rumah, maka dipercaya orang yang tinggal di dalamnya akan meninggal dunia. Bahkan, mitos ini masih dipercaya turun temurun hingga saat ini.

Burung Perkutut

Ada mitos yang menyebut bahwa jika seseorang memelihara burung perkutut maka ia akan dilimpahi banyak keberuntungan. Mitos ini dipercaya oleh orang-orang Jawa pada zaman dahulu.

Sehingga, di desa-desa atau tempat yang kental nuansa Jawa, banyak para orangtua yang memelihara burung perkutut. Bahkan, ada yang meyakini jika burung ini bisa sampai mengoceh, maka keberuntungan yang didapatkan akan terus berkelanjutan.

Burung Walet

Jika burung walet masuk ke dalam rumah, maka dipercaya seisi rumah itu akan mendapat rezeki besar. Anggapan bahwa burung ini adalah burung pembawa rezeki tak terbantahkan apalagi konon harga sarang burung walet bisa sangat mahal, sehingga sangat menggiurkan untuk diternakkan.

Ini Zodiak Beruntung Dan Sukses Di 2021

Burung Pipit

Jika burung pipit berkicau di depan rumah, maka dipastikan akan ada tamu istimewa yang bakal datang ke rumah itu. Bahkan, di beberapa daerah, kepercayaan yang sama juga beredar. Hanya saja memiliki perbedaan. Seperti jika burung pipit berkicau di kanan rumah, maka tamu baik yang akan datang. Namun, jika berkicau dari arah sebelah kiri maka tamu yang datang adalah sebaliknya.

Burung Sirit Uncuing

Burung sirit uncuing termasuk burung yang cantik dan eksotis. Sayangnya, burung ini kerap dikaitkan dengan mitos yang bikin merinding. Burung yang dikenal dengan nama Daradasih ini dianggap sebagai simbol kematian.

Banyak masyarakat percaya jika ditemukan burung ini berputar-putar atau hinggap di sebuah rumah lalu dia berkicau lantang, maka dipastikan tuan rumah ataupun orang di sekitarnya akan mati tidak berapa lama kemudian. Bahkan, burung ini kerap kali bikin orang kaget lantaran bunyi kicauannya sekilas mirip dengan suara tawa kuntilanak.

Namun, semua kembali kepada pribadi masing-masing untuk percaya atau tidak terhadap mitos-mitos itu. Bagaimana dengan Anda?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya