SOLOPOS.COM - Pengunjung memadati stan Toyota pada The20th Indonesia International Motor Show di Jakarta, Jumat (21/9/2012). (Foto: Yayus Yuswoprihanto/JIBI/Bisnis)

Pengunjung memadati stan Toyota pada The20th Indonesia International Motor Show di Jakarta, Jumat (21/9/2012). (Foto: Yayus Yuswoprihanto/JIBI/Bisnis)

JAKARTA — Tahun depan, penyelenggaraan Indonesia International Motor Show tidak akan memasang target terlalu banyak. Itu dilakukan demi menghindari kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju pameran seperti yang terjadi pada IIMS 2012.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Hingga Sabtu (29/9) malam jumlah pengunjung IIMS 2012 diperkirakan menyentuh angka 330.000. Demikian dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara IIMS 2012 Johnny Darmawan saat acara penutupan. Meski sudah ditutup secara resmi, pameran akan berlangsung hingga Minggu (30/9) ini.

Pihaknya yakin pada hari terakhir, Minggu (30/9) jumlahnya makin membeludak lebih dari 20.000 orang sehingga melebihi target.

Menurutnya, setiap hari pengunjung yang datang ke lokasi acara Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, selalu membeludak sehingga tak jarang menyebabkan kemacetan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Sabtu dan Minggu biasanya jumlah pengunjung itu berkisar 40.000 orang,

“Namun kini pengunjung IIMS 2012 pada Sabtu dan Minggu sudah mencapai sekitar 52.000. Itu di luar perkiraan kami,” ungkapnya.

Akan tetapi, menurut Johnny, di balik kemacetan itu berarti industri otomotif mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Karena itu, untuk penyelenggaraan IIMS tahun depan, pihaknya tidak akan menargetkan pengunjung lebih dari 350.000 orang karena sudah membuat jalanan macet.

Tampaknya target 350.000 pengunjung akan tercapai pada hari terakhir. Pada hari Senin lalu saja, yang merupakan hari kerja, jumlah pengunjung paling sedikit yaitu mencapai 22.000 orang.

“Padahal pada tahun lalu, di hari Senin jumlah pengunjung IIMS hanya berkisar 14 ribu orang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya